Selebriti

Apa itu Mepamit? Tradisi yang Dilakukan oleh Mahalini dan Rizky Febian menjelang Pernikahan

Apa itu Mepamit? Tradisi yang Dilakukan oleh Mahalini dan Rizky Febian menjelang Pernikahan
Apa itu Mepamit? Tradisi yang Dilakukan oleh Mahalini dan Rizky Febian menjelang Pernikahan (Image From: Screenshot/Instagram @mahaliniraharja)

PASUNDAN EKSPRES - Apa itu mepamit? Saat ini salah satu adat di Bali ini tengah menjadi perbincangan karena berkaitan dengan acara yang dilakukan oleh Mahalini jelang pernikahannya bersama Rizky Febian.

Banyak yang penasaran dengan prosesi Mepamit ini. Proses mepamit yang dilakukan oleh Mahalini digelar di kediaman orang tua Mahalini di kawasan Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali. Prosesi ini dilakukan pada hari Minggu, 5 Mei 2024 kemarin.

Lantas, apa sebenarnya apa itu mepamit? 

Apa itu Mepamit? Tradisi yang Dilakukan oleh Mahalini dan Rizky Febian

Dilansir dari Orami, mepamit merupakan proses seseorang ketika meminta izin untuk meninggalkan lokasi asalya.

Setelah melakukan mepamit, seseorang akan diberikan kebebasan untuk menikah dengan pasangannya dan dengan tulus menerima agama baru. Ketika mepamit, izin serta doa akan diberikan kepada seseorang untuk melangsungkan kehidupan baru bersama pengantin pria atau purusha. 

Mepamit juga merupakan sebuah upacara adat yang dilakukan untuk mengucapkan selamat tinggal atau mengambil langkah terakhir sebelum meninggalkan suatu tempat. Tradisi ini menjadi sebuah momen yang penuh dengan emosi, baik itu kebahagiaan, rasa haru, kesedihan, dan perasaan lainnya. 

Pada prosesi tersebut, kedua mempelai beserta keluarga dan kerabat dekat mengunjungi keluarga wanita. Mereka membawa berbagai sesajen (banten) seperti ketipat bantal, sumping, cerocot, apem, wajik, dan berbagai makanan tradisional berwarna putih dan merah.

BACA JUGA: Fans Keluhkan Acara Birthday Cafe Baekhyun EXO yang Cari Untung

BACA JUGA: Lirik Lagu About You dari The 1975 yang lagi Viral di-Mashup dengan Guilty as Sin?

Sementara itu, pasangan dari seseorang yang telah melakukan mepamit akan diberikan tanggung jawab untuk memastikan kesejahteraan dan kebahagiaan pengantin wanita setelah mereka menikah.

Selain itu, pada tradisi pernikahan adat Bali, mepamit juga dikenal dengan upacara mejauman atau upacara metipat bantal. 

Upacara ini merupakan simbol permohonan maaf dari calon pengantin wanita kepada leluhurnya, sebagai ungkapan bahwa ia akan melangsungkan pernikahan atau telah menikah.

Namun, dalam konteks yang berbeda, terutama dalam hubungan antaragama antara calon pengantin, upacara mepamit juga dapat diartikan sebagai perpisahan seseorang dengan keyakinannya.

Oleh karena itu, prosesi adat ini membuat netizen berspekulasi bahwa Mahalini akan menjadi mualaf, memilih agama seperti agama calon suaminya, Rizky Febian. 

Dalam prosesi mepamit ini, mepamit akan dimulai dengan upacara mejauman atau metipat bantal.

Calon pengantin wanita akan diminta duduk di atas bantal yang telah disiapkan, sembari melaksanakan sejumlah ritual dan menyampaikan uangkapan perpisahan kepada leluhurnya. 

Selama upacara tersebut, calon pengantin wanita mengungkapkan rasa terima kasih kepada leluhurnya atas segala bimbingan dan perlindungan yang telah diberikan selama ini.

Ia juga memohon maaf jika ada kesalahan atau kelalaian yang pernah dilakukannya. Setelah itu, calon pengantin akan meminta restu dari leluhurnya. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan restu dalam memulai kehidupan baru sebagai seorang istri. 

Nah, itulah mengenai apa itu mepamit yang merupakan tradisi Bali yang dilakukan oleh Mahalini dan Rizky Febian. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

 

Berita Terkait