Sepak Bola

Profil Shen Yinhao, Wasit Laga Indonesia vs Uzbekistan yang Penuh Kontroversial

Profil Shen Yinhao, Wasit Laga Indonesia vs Uzbekistan yang Penuh Kontroversial
Profil Shen Yinhao, wasit yang memimpin laga Indonesia vs Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Shen Yinhao menjadi perbincangan panas di media sosial usai memimpin laga Indonesia vs Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 2024, berikut profil Shen Yinhao.

Wasit Shen Yinhao mendadak ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia usai memimpin laga Indonesia vs Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia U-23 2024 pada Senin, (29/4) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Hal ini dikarenakan keputusan wasit Shen Yinhao banyak merugikan Indonesia dalam laga Indonesia vs Uzbekistan itu.

Timnas Indonesia pun harus menelan kekalahan atas Uzbekistan 0-2 yang mana kemenangan Uzbekistan dicetak oleh Khusayin Norchaev dan gol bunuh diri dari Pratama Arhan.

Sejumlah keputusan kontroversial wasit Shen Yinhao terjadi saat laga Indonesia vs Uzbekistan yang membuat netizen Indonesia melontarkan kemarahan pada wasit asal China itu.

Berikut profil Shen Yinhao yang merupakan wasit laga Indonesia vs Uzbekistan yang penuh kontroversial.

Shen Yinhao lahir di Shanghai, China pada 6 November 1986 yang diketahui telah memulai karirnya sebagai wasit pada 2013.

Dia telah dipercaya memimpin pertandingan internasional khususnya di kejuaraan Asia sejak dirinya telah memegang lisensi wasit dari FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) pada tahun 2018.

Pada tahun 2024, Shen Yinhao dipercaya menjadi wasit dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia Asia untuk laga Nepal vs Yaman dan Palestina vs Bangladesh.

Adapun, wasit asal China itu pernah ditunjuk menjadi wasit dalam laga Thailand vs Arab Saudi dalam Piala Asia U23 2024.

Dalam laga tersebut, Shen mengeluarkan kartu kuning sebanyak 4 kali, 2 untuk Arab Saudi dan 2 untuk Thailand.

Keputusan kontroversial Shen Yinhao pernah terjadi sewaktu dirinya memimpin laga Indonesia vs Kamboja di SEA GAMES 2023.

Saat itu, Shen dinilai tidak adil usai memberikan penalti kepada Kamboja lantaran pemain timnas, Muhammad Ferrari dianggap melanggar lawan di dalam kotak penalti.

Padahal, dalam tayangan ulang, pelanggaran yang dilakukan Ferrari terjadi di luar kotak penalti.

Sementara itu, Shen Yinhao kembali melakukan keputusan kontroversial dalam laga Indonesia vs Uzbekistan sebanyak tiga kali.

Keputusan pertamaya yaitu Shen menganulir gol Muhammad Ferrari yang dianggap offside setelah melihat tayangan VAR wasit.

Selain itu, Shen Yinhao juga tidak memberikan penalti usai Witan Sulaeman dijatuhkan oleh pemain lawan.

Tidak hanya itu, kapten Timnas Rizki Ridho juga mendapat kartu merah pada babak kedua yang membuatnya diusir dari pertandingan.

Diketahui, Shen Yinhao telah mengeluarkan empat kartu kuning dan satu kartu merah dalam laga Indonesia vs Uzbekistan. (inm)

Berita Terkait