Sepak Bola

Spanyol Juara Euro 2024, Taklukkan Inggris 2-1 di Final Dramatis!

Nico Williams memecah kebuntuan Spanyol di final Piala Eropa 2024. (Foto: Getty Images/Crystal Pix/MB Media)
Nico Williams memecah kebuntuan Spanyol di final Piala Eropa 2024. (Foto: Getty Images/Crystal Pix/MB Media)

PASUNDAN EKSPRES - Spanyol berhasil mengukir sejarah baru dengan meraih gelar juara Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 dalam laga final yang menegangkan di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung sengit sejak awal, dengan kedua tim saling melancarkan serangan. Di babak pertama, Spanyol mendominasi penguasaan bola, namun kesulitan menembus pertahanan rapat Inggris. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA:Persib Bandung Rekrut Dimas Drajad dengan Kontrak Jangka Panjang!

Memasuki babak kedua, Spanyol langsung tancap gas dan memecah kebuntuan lewat gol Nico Williams di menit ke-51. Gol tersebut berawal dari umpan silang Lamine Yamal yang diselesaikan dengan tembakan first time oleh Williams yang tak bisa dihentikan Jordan Pickford.

Inggris tak tinggal diam dan langsung merespon dengan cepat. Di menit ke-54, Cole Palmer yang baru saja masuk lapangan, melepaskan tembakan first time dari luar kotak penalti yang menghujam gawang Unai Simon, menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol penyeimbang ini membuat Inggris semakin termotivasi untuk membalikkan keadaan. Gareth Southgate memasukkan beberapa pemain menyerang, seperti Ivan Toney dan Ollie Watkins.

Tetapi Spanyol tak goyah dan tetap disiplin dalam bertahan. Di menit ke-86, Mikel Oyarzabal yang baru masuk menggantikan Alvaro Morata, menjadi pahlawan Spanyol dengan golnya yang memanfaatkan umpan silang Marc Cucurella. Skor 2-1 untuk La Furia Roja bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Kemenangan ini mengantarkan Spanyol meraih gelar juara Euro keempat mereka, setelah sebelumnya menjadi juara di tahun 1964, 2008, dan 2012.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua