Sepak Bola

Ranking FIFA Timnas Indonesia Melonjak ke Posisi 129 pada September 2024

Timnas Indonesia. Sumber Foto : PSSI
Timnas Indonesia. Sumber Foto : PSSI

PASUNDAN EKSPRES - Peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA mengalami peningkatan signifikan pada September 2024. Kini, Skuad Garuda berhasil menduduki posisi ke-129, setelah sebelumnya berada di peringkat ke-133 pada Juli 2024.

Lonjakan peringkat ini merupakan hasil dari dua laga imbang yang diraih Indonesia melawan Arab Saudi dengan skor 1-1 dan Australia 0-0, dalam pertandingan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hasil tersebut memberikan tambahan 15,44 poin, yang membawa Indonesia naik empat peringkat dengan total 1124,17 poin.

Keberhasilan ini melanjutkan tren positif sejak Timnas Indonesia ditangani oleh Shin Tae-yong, yang pertama kali menandatangani kontrak pada akhir Desember 2019. Saat Shin tiba, Indonesia berada di peringkat ke-173, tertinggal dari beberapa negara ASEAN seperti Vietnam dan Malaysia.

Namun, perjalanan Shin bersama Timnas Indonesia tidak mudah. Dia harus menunggu debutnya akibat terhalang pandemi Covid-19. Dengan membawa ide-ide baru, Shin Tae-yong memperkenalkan banyak pemain muda yang berbeda dari era pelatih sebelumnya, Simon McMenemy.

Secara bertahap, ranking Indonesia mulai membaik. Pada Oktober 2021, setelah mengalahkan Chinese Taipei di Kualifikasi Piala Asia, peringkat Indonesia naik ke 165. Sejak itu, Timnas Indonesia terus mengalami peningkatan hingga April 2023, di mana Indonesia menempati peringkat ke-149 setelah menghadapi Burundi.

Setahun kemudian, peringkat Indonesia kembali naik. Pada April 2024, Timnas Indonesia mencapai posisi ke-134, dan kini menduduki peringkat ke-129. Indonesia hanya tertinggal dari Vietnam (116) dan Thailand (100) di antara negara-negara ASEAN.

Meskipun begitu, PSSI belum merasa puas dengan capaian ini. Ketua PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahwa target utama Skuad Garuda adalah menembus 100 besar dunia. "Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia," ujarnya.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua