Sepak Bola

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Resmi Jadi WNI, Siap Tampil Bersama Timnas

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Resmi Jadi WNI, Siap Tampil Bersama Timnas
Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia). (Foto: laman resmi PSSI)

PASUNDAN EKSPRES - Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen resmi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia) setelah melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan RI.

Usai Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi WNI pada pekan lalu, dua pemain naturalisasi yaitu Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen kini resmi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia).

Keduanya menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Senin malam, 18 Maret 2024.

Pengambilan sumpah WNI itu dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun yang dilakukan pada malam hari.

Setelah Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen diresmikan menjadi WNI, kedua pemain sepak bola itu langsung melakukan proses pembuatan KTP dan paspor Indonesia.

Arya Sinulingga selaku Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

"Sekali lagi, kami ingin mengucapkan terima kasih pada Kanwil Kumham DKI Jakarta, kemudian juga Dukcapil DKI Jakarta serta setelah tadi sumpah, lagi proses untuk pembuatan KTP, kemudian juga Kanwil Imigrasi Jakarta dan juga yang ada di Soekarno-Hatta yang akan setelah ini mendukung pembuatan paspor. Semoga proses ini bisa berjalan dengan cepat," ucap Arya dalam keterangannya pada Senin (18/3).

Thom Haye mengaku, dirinya senang bisa menjalani proses pengambilan sumpah WNI dan berharap ke depannya bisa berkontribusi untuk kemajuan timnas Indonesia.

"Setelah proses yang panjang akhirnya selesai. Saya senang. Proses 24 jam. Setelah saya main (bersama Heerenveen). Saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam (ke Indonesia). Kemudian saya ke sini dan selesai sekarang. Saya senang dan terima kasih atas dukungannya (kepada pendukung timnas Indonesia dan semua pihak). Saya berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan timnas Indonesia," ucap Thom Haye.

"Saya sangat senang. Saya mengambil sumpah dan itu benar-benar terjadi. Saya ingin mencapai Piala Dunia tentunya (bersama timnas Indonesia). Bisa membantu tim yang dihuni pemain muda," timpal Ragnar Oratmangoen.

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masuk ke dalam 26 pemain timnas Indonesia yang diproyeksikan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong melawan Vietnam.

Namun, kedua pemain itu dipastikan tidak dapat bermain di laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis, 21 Maret 2024.

Hal ini dikarenakan keduanya harus terlebih dahulu berpindah federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

PSSI pun mengupayakan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen dapat bermain saat melawan Vietnam di Stadion Nasional My Dình pada 26 Maret mendatang.

Sebelumnya, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On telah melakukan pengambilan sumpah WNI pada pekan lalu. (inm)

Berita Terkait