Sepak Bola

Shin Tae-yong Bernazar Tinggal di Indonesia Seumur Hidup Jika Timnas Lolos ke Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong Sumber (c) Abdul Aziz
Shin Tae-yong Sumber (c) Abdul Aziz

PASUNDAN EKSPRES - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), berkomitmen untuk tinggal di Indonesia seumur hidup jika Tim Garuda berhasil lolos ke Piala Dunia 2026. Pernyataan tersebut diungkapkan pelatih asal Korea Selatan itu dalam wawancara dengan Ilgan Sports pada Sabtu (28/9/2024).

“Kalau Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Dunia, saya akan tinggal di Indonesia di sisa umur saya. Saya sangat suka di sini,” kata Shin Tae-yong yang kini berusia 54 tahun.

Saat ini, Timnas Indonesia sedang menjalani putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dalam dua laga terakhir, skuad Merah Putih berhasil tampil impresif dengan menahan imbang Arab Saudi dan Australia, yang merupakan tim-tim kuat di grup mereka. Hasil ini menjaga peluang Indonesia untuk melaju ke fase berikutnya.

Shin Tae-yong menargetkan agar timnya bisa finis di posisi ketiga atau keempat dalam kualifikasi ini. Menurutnya, menetapkan target tidaklah sulit, tetapi mencapainya membutuhkan kerja keras dan dedikasi.

“Membuat target memang gampang. Yang sulit itu bagaimana agar tercapai. Yang pasti harus kerja keras agar mimpi bisa terwujud,” ujarnya. STY juga menegaskan bahwa dia tidak ingin memberi tekanan berlebihan kepada para pemain dengan target yang terlalu tinggi, sehingga memilih target yang lebih realistis.

“Saya tidak ingin memberikan tekanan pada pemain dengan sesuatu yang tidak realistis. Makanya saya targetkan posisi ketiga dan keempat,” imbuhnya.

Menurut Shin, langkah realistis untuk mencapai target tersebut adalah dengan fokus meraih poin dari Bahrain dan China. Kedua tim ini dinilai lebih memungkinkan untuk dikejar daripada pesaing kuat lainnya.

“Tujuannya adalah merebut poin dari Bahrain dan China. Jika kita mengejar dua tim ini, kita bisa dengan mudah ke posisi tiga atau empat besar,” jelasnya.

Dengan strategi yang jelas dan determinasi yang kuat, Shin Tae-yong berharap bisa membawa Timnas Indonesia lebih dekat ke impian besar tampil di Piala Dunia 2026.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua