Sepak Bola

Erick Thohir Beberkan Alasan Nathan Tjoe-A-On Lakukan Pengambilan Sumpah WNI di Malam Hari

Erick Thohir Beberkan Alasan Nathan Tjoe-A-On Lakukan Pengambilan Sumpah WNI di Malam Hari
Erick Thohir mengungkap alasan Nathan Tjoe-A-On lakukan pengambilan sumpah WNI di malam hari. (Foto: laman resmi PSSI)

PASUNDAN EKSPRES - Erick Thohir mengungkap alasan Nathan Tjoe-A-On lakukan pengambilan sumpah WNI di malam hari.

Nathan Tjoe-A-On telah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah dan janji kewarganegaraan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3/2024).

Namun, proses pengambilan sumpah WNI terhadap Nathan Tjoe-A-On ini terkesan terburu-buru sebab proses ini biasanya dilakukan di jam kerja.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir membeberkan alasan Nathan Tjoe-A-On melakukan pengambilan sumpah WNI di malam hari.

Dia menyebut, hal ini dilakukan berdasarkan kesibukan dan ketersediaan pemain tersebut.

"Terkait pengambilan sumpah Nathan malam itu. Menurutnya, hal itu diputuskan berdasarkan kesibukan dan ketersediaan pemain itu sendiri," ucap Erick Thohir dalam keterangannya, Kamis (14/3/2024).

Oleh karena itu, pihaknya menyebut tidak mau membuang waktu sebab para pemain naturalisasi ini harus mengurus proses dokumen dan surat-surat lainnya.

"Karena gini, para pemain punya waktu pendek gitu. Mereka bahkan datang 24 jam hanya untuk mengambil sumpah dan proses dokumen surat-surat, dan kembali," ujarnya.

Erick Thohir menyebut, Nathan Tjoe-A-On dipastikan dapat tampil bersama timnas Indonesia saat laga melawan Vietnam pada 21 Maret mendatang.

"Hari ini Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI. Satu langkah lagi yaitu mengurus perpindahan federasi untuk Nathan bisa membela timnas Indonesia. Terima kasih atas dukungan semua lembaga yg membantu proses berjalan dengan baik," kata Erick.

Sebagai informasi, Nathan Tjoe-A-On menjadi pemain naturalisasi yang baru setelah Jay Idzes.

Sementara itu, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoon kemungkinan akan melakukan pengambilan sumpah WNI pada pekan depan.

Namun, kedua pemain itu dipastikan absen membela skuad Garuda sebab proses naturalisasinya belum tuntas.

Nathan Tjoe-A-On, yang sebelumnya bergabung di klub SC Heerenveen itu menjadi salah satu pemain yang dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk persiapan menghadapi Vietnam.

Selain Nathan, beberapa pemain baru juga mendapat panggilan yakni Jay Idzes, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoon.

Pada pertemuan pertama, Indonesia terlebih dahulu menjamu Vietnam. Pertandingan tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis, 21 Maret 2024.

Kemudian, gantian timnas Indonesia yang bertandang ke Vietnam yang dilaksanakan di Stadion Nasional My Dình pada Selasa, 26 Maret 2024. (inm)

Berita Terkait