Sepak Bola

Timnas Indonesia Masuk 10 Besar Asia dengan Nilai Pasar Tertinggi

Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Sumber AKURAT.CO/Sopian (Sopian)
Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Sumber AKURAT.CO/Sopian (Sopian)

PASUNDAN EKSPRES - Timnas Indonesia mencapai prestasi membanggakan dengan masuk dalam daftar 10 besar tim di Asia yang memiliki nilai pasar tertinggi. Prestasi ini tak lepas dari perkembangan pesat tim asuhan Shin Tae-yong dalam beberapa tahun terakhir.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus Piala Asia 2027. Pada laga awal fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia menahan imbang tuan rumah Arab Saudi dengan skor 1-1, menunjukkan performa yang menjanjikan. 

Dari segi peringkat FIFA, Indonesia terus mengalami peningkatan dan kini berada di posisi 133. Posisi ini berpotensi terus naik seiring dengan performa apik dari Thom Haye dan rekan-rekan di lapangan.

Perkembangan positif ini juga mempengaruhi market value atau nilai pasar Timnas Indonesia. Transfermarkt, situs terkenal yang menilai nilai pasar pemain dan tim, merilis daftar terbaru pada September 2024 yang menempatkan Timnas Indonesia di posisi 10 besar Asia. Nilai pasar Indonesia jauh di atas negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Vietnam yang berada di peringkat ke-17 dengan nilai 6,83 juta poundsterling, Thailand di peringkat ke-19 dengan 6,43 juta poundsterling, dan Malaysia yang menempati peringkat ke-20 dengan nilai 6,38 juta poundsterling.

Tidak hanya itu, Indonesia juga berhasil mengungguli negara-negara besar lainnya di Asia, seperti Irak yang berada di peringkat ke-11 dengan nilai pasar 12,43 juta poundsterling dan China di posisi ke-12 dengan 11,03 juta poundsterling. Keberhasilan ini semakin mempertegas posisi Timnas Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru di sepak bola Asia.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua