Sepak Bola

Kalahkan Filipina 2-0, Shin Tae-yong Apresiasi Kerja Keras Timnas Indonesia

Kalahkan Filipina 2-0, Shin Tae-yong Apresiasi Kerja Keras Timnas Indonesia
Kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina dalam pertandingan pada Selasa, 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (Foto: laman resmi PSSI)

PASUNDAN EKSPRES - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan apresiasi atas kerja keras skuad Garuda atas kemenangan melawan Filipina.

Timnas Indonesia akhirnya mencetak sejarah baru dengan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah meraih kemenangan atas Filipina dengan skor 2-0 pada Selasa, 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Thom Haye pada menit ke-32 dan Rizky Ridho pada menit ke-56.

Adapun kemenangan ini menjadikan Indonesia sebagai runner up Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan perolehan skor sebanyak 10 poin.

Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia mengaku puas atas kemenangan anak asuhnya atas Filipina sebab pertandingan pada malam itu tidak mudah bagi timnas Indonesia.

Ia menilai bahwa pertahanan Filipina cukup kuat hingga 30 menit babak pertama, namun berkat kerja keras Timnas, akhirnya berhasil menjebol gawang sang lawan. 

"Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026," ucap Shin Tae-yong, dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (12/6).

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengungkap bahwa di putaran tiga nanti, tim-tim yang akan dihadapi oleh Timnas Indonesia akan jauh lebih kuat. 

Asnawi Mangkualam dkk. berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya.

Diketahui, Indonesia menjadi negara dengan ranking FIFA terendah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan menempati posisi ke-134.

"Memang kami sudah lolos ke ronde tiga, dan tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi tim kami berada di ranking 134. Jadi bisa dibilang kita tim yang paling lemah," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

"Tapi saya akan tetap berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin (di putaran tiga)," pungkasnya.

Sementara itu, jadwal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dimulai pada September 2024 hingga Juni 2025. (inm)

Berita Terkait