Sepak Bola

Garuda Muda U-19 Libas Filipina 6-0 di Laga Pembuka Piala AFF U-19 2024!

Pemain Timnas U19 Indonesia Arlyansyah Abdulmanan Rabu (17/7/2024) malam.sumber (KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU)
Pemain Timnas U19 Indonesia Arlyansyah Abdulmanan Rabu (17/7/2024) malam.sumber (KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU)

PASUNDAN EKSPRES - Tim Nasional Indonesia U-19 mengawali perjalanannya di Piala AFF U-19 2024 dengan gemilang. Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Garuda Muda sukses menumbangkan Filipina dengan skor telak 6-0 pada Rabu (17/7) malam.

Arlyansyah Abdulmanan menjadi bintang di laga ini dengan mencetak dua gol, pada menit ke-12 dan ke-51. Dua gol lainnya dilesakkan oleh Muhammad Iqbal Gwijangge (menit ke-22 dan 43), Kadek Arel Priyatna (menit ke-29), dan Jens Raven (menit ke-87).

Kemenangan ini membawa Indonesia memimpin klasemen Grup A dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Vietnam yang bermain imbang 1-1 melawan Thailand.

Indonesia langsung menunjukkan dominasinya sejak menit awal pertandingan. Terbukti, gol cepat Arlyansyah pada menit ke-12 membuka kran gol Garuda Muda. Gol ini berawal dari umpan silang Doni Tri Pamungkas yang diselesaikan dengan tenang oleh Arlyansyah.

Hanya berselang 10 menit, Iqbal Gwijangge menggandakan keunggulan Indonesia. Pemain muda Persija Jakarta ini memaksimalkan umpan Muhammad Mufli Hidayat dengan sundulan kerasnya.

Dominasi Indonesia semakin menjadi-jadi di sisa babak pertama. Kadek Arel memanfaatkan sepak pojok Figo Dennis untuk mencetak gol ketiga pada menit ke-29. Iqbal kembali menambah pundi-pundi golnya di menit ke-43, memanfaatkan umpan sundulan Muhammad Alfharezzi Buffon.

Memasuki babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangannya. Gol kelima kembali tercipta melalui kaki Arlyansyah pada menit ke-51. Kali ini, umpan silang Doni Tri Pamungkas kembali menjadi kunci gol tersebut.

Di menit-menit akhir pertandingan, Indonesia masih terus berusaha menambah gol. Jens Raven yang baru dimasukkan pada menit ke-68 akhirnya berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-87. Gol ini menjadi gol penutup kemenangan telak Indonesia atas Filipina.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku puas dengan performa anak asuhnya di laga ini.

"Saya sangat bersyukur atas kemenangan ini. Anak-anak bermain dengan penuh semangat dan disiplin," ujar Indra.

Indra menambahkan bahwa ia masih melihat beberapa kekurangan dari timnya yang perlu diperbaiki.

"Masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Tapi secara keseluruhan, saya puas dengan penampilan mereka hari ini," imbuhnya.

Nantikan Indonesia akan melakoni laga kedua Grup A melawan Timor Leste pada Jumat (19/7) di Stadion Gelora Bung Tomo.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua