Sepak Bola

Menurut STY Terima Kasih Kepada Pemain Timnas Indonesia, Pertandingan Melawan Australia Sangat Sulit

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memuji mental anak asuhnya seusai menahan imbang Australia. Sumber (Foto: Cosmas Bayu/GenPI.co)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong memuji mental anak asuhnya seusai menahan imbang Australia. Sumber (Foto: Cosmas Bayu/GenPI.co)

PASUNDAN EKSPRES - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui bahwa pertandingan melawan timnas Australia merupakan tantangan berat. Timnas Indonesia berhasil meraih hasil imbang 0-0 dalam laga kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar pada Selasa (10/9/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Dengan hasil ini, Indonesia asuhan Shin Tae-yong berhasil meraih poin dalam dua laga awal Grup C.

Sebelum menahan imbang Australia, timnas Indonesia juga sukses menahan Arab Saudi dengan skor 1-1 di laga tandang. Shin Tae-yong menyebutkan bahwa pertandingan melawan Australia menunjukkan betapa sulitnya laga tersebut bagi Indonesia. Sebelum laga, pelatih asal Korea Selatan ini sempat menyoroti perbedaan peringkat FIFA yang cukup jauh antara kedua tim, di mana Indonesia berada di peringkat 133 dan Australia di peringkat 24.

Selama pertandingan melawan Australia, timnas Indonesia menghadapi tekanan hebat. Setelah menciptakan dua peluang berbahaya lewat sepakan Sandy Walsh dan Rafael Struick di menit-menit awal, Indonesia kesulitan menciptakan ancaman lebih lanjut. Sepanjang 90 menit, pasukan Shin Tae-yong hanya mampu melepaskan lima tembakan, jauh di bawah Australia yang mencatatkan 19 tembakan. "Bisa dibilang kami terus diserang, tetapi jika melihat dari segi mental, mungkin Indonesia dan Australia tidak jauh berbeda," ujar Shin Tae-yong usai pertandingan.

Shin Tae-yong juga menyampaikan apresiasi atas kinerja keras para pemainnya. "Para pemain sudah bekerja keras. Sekarang kita hanya bisa menatap ke depan dan tim harus terus berkembang," ucap mantan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain."

Selanjutnya, timnas Indonesia akan melakoni sepasang laga tandang dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024 dan China pada 15 Oktober 2024.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua