Sepak Bola

Persib Bandung akan Hadapi PSBS Biak di Pembukaan Liga 1 2024/2025!

Persib Bandung akan Hadapi PSBS Biak Sumber foto (KOMPAS.com/Adil Nursalam)
Persib Bandung akan Hadapi PSBS Biak Sumber foto (KOMPAS.com/Adil Nursalam)

PASUNDAN EKSPRES - Persib Bandung, sang juara bertahan Liga 1, akan mengawali musim 2024/2025 dengan melawan PSBS Biak, pemenang Liga 2 musim lalu. Pertandingan pembuka ini dijadwalkan berlangsung di Bandung pada 9 Agustus 2024.

Pengumuman resmi mengenai laga pembuka ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus bersama jajarannya, termasuk Direktur Operasional LIB Asep Saputra. Acara pengumuman ini dihadiri pula oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji, Sekjen PSSI Yunus Nusi, dan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga, di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Kamis (20/6/2024).

Awalnya, Liga 1 direncanakan dimulai pada 2 Agustus 2024. Namun, setelah melalui diskusi dan pertimbangan bersama PSSI, akhirnya diputuskan untuk mengundur kick-off menjadi 9 Agustus 2024.

Pemilihan Persib vs PSBS Biak untuk laga pembuka mengikuti tradisi di mana juara Liga 1 bertemu dengan juara Liga 2. Pertandingan ini diprediksi akan menarik banyak perhatian pecinta sepak bola Indonesia, mengingat kedua tim memiliki basis suporter yang fanatik.

Lebih lanjut, Ferry Paulus juga memastikan bahwa jadwal Liga 1 untuk tiga musim ke depan telah tersusun dengan baik dan telah disinkronisasi dengan agenda timnas Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menghindari bentrokan jadwal yang kerap terjadi di musim-musim sebelumnya.

"PSSI instruksi ke LIB untuk bikin sinkron jadwal sampai 2026/2027. Dari jadwal yang disusun dan beberapa kali sudah interaksi dan meminta petunjuk PSSI, tadi pagi finalisasi bahwa jadwal liga ke depan dipastikan akan sinergi dan sinkron dengan agenda timnas," jelas Ferry Paulus.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut baik langkah sinkronisasi jadwal ini. Ia berharap dengan teraturnya jadwal, tidak akan ada lagi perdebatan antara klub dan PSSI terkait pemanggilan pemain timnas.

"Setelah diskusi panjang meeting berkali-kali LIB dan PSSI untuk memastikan kalender tiga tahun ke depan sudah tidak ada perubahan lagi, ada slot liga yang dihormati dan slot tim nasional," tutur Erick Thohir.

PSBS Biak Siap Bersaing di Liga 1

Menjelang bergulirnya Liga 1 2024/2025, PSBS Biak telah melakukan sejumlah persiapan matang. Mereka merekrut legenda sepak bola Real Madrid dan Juventus, Juan Esnaider, sebagai pelatih kepala.

Selain itu, PSBS Biak juga memperkuat tim dengan mendatangkan beberapa pemain berpengalaman, termasuk mantan pemain Persib Bandung Fabriano Beltrame dan pemain pinjaman Diaz Diandra. Mereka juga diperkuat pemain asing seperti Beto Golzalves, Osas Saha, Julian Velasquez, Gabriel Esparza, dan Abel Arganaraz.

Perlu dilihat apakah nama-nama pemain tersebut akan kembali memperkuat PSBS Biak di musim depan. Yang pasti, Diaz Diandra sudah dipastikan memperpanjang masa pinjamannya. Pemain lokal lainnya yang kontraknya diperpanjang adalah Febri Uopmabin.

Sementara itu, untuk pemain asing, PSBS Biak telah resmi mengontrak William Lugo, pemain dari klub lokal Venezuela Puerto Cabello, dengan status pinjaman senilai Rp 5,65 miliar setahun. Mereka juga telah menandatangani kontrak dengan gelandang bertahan asal Brazil, Jonata Machado (24), yang musim lalu bermain di Liga 1 Bolivia bersama Wilstermann.

Dengan persiapan yang matang dan komposisi tim yang mumpuni, PSBS Biak siap memberikan perlawanan sengit bagi Persib Bandung di laga pembuka Liga 1 2024/2025. Patut dinantikan bagaimana keseruan duel antara dua tim ini!

Berita Terkait