Cara Mudah Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci

Cara Mudah Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci
PASUNDAN EKSPRES - Google Keyword Planner adalah alat gratis dari Google yang sangat berguna untuk melakukan riset kata kunci, terutama bagi pemilik website, blogger, dan digital marketer.
Dengan alat ini, kamu bisa menemukan kata kunci yang sering dicari orang di Google, sekaligus melihat perkiraan volume pencarian dan tingkat persaingannya.
Berikut adalah panduan mudah menggunakan Google Keyword Planner.
BACA JUGA: Logic Pro untuk Mac & iPad Dapat Pembaruan Besar: Ini Deretan Fitur Terbarunya!
Apa Itu Google Keyword Planner?
Google Keyword Planner adalah fitur bawaan dari Google Ads yang awalnya dibuat untuk membantu pengiklan menentukan kata kunci terbaik untuk kampanye iklan mereka.
Namun, kamu juga bisa menggunakannya secara gratis hanya untuk riset keyword, tanpa perlu menjalankan iklan.
BACA JUGA: Lewat SheHacks 2025, Indosat Tegaskan Komitmen untuk Perempuan di Dunia Teknologi
Cara Mudah Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci
1. Masuk ke Google Ads
- Buka [https://ads.google.com](https://ads.google.com)
- Login menggunakan akun Google kamu.
- Jika belum pernah menggunakan Google Ads sebelumnya, kamu mungkin akan diminta membuat kampanye pertama. Pilih opsi “Switch to Expert Mode” dan klik “Create an account without a campaign” agar bisa langsung ke dashboard utama.