Tekno

Huawei Mandiri dengan Pura 70 Series yang Mengandalkan Komponen Buatan China

Huawei Mandiri dengan Pura 70 Series yang Mengandalkan Komponen Buatan China
Huawei Mandiri dengan Pura 70 Series yang Mengandalkan Komponen Buatan China/foto via screenshot (Gsmarena)

PASUNDAN EKSPRES -  Huawei baru-baru ini meluncurkan seri Pura 70 di China, yang mendapat sambutan positif dari konsumen.

Ternyata, ponsel flagship ini lebih banyak menggunakan komponen lokal buatan China dibandingkan dengan ponsel Huawei sebelumnya.

Tim dari perusahaan servis gadget iFixit dan konsultan TechSearch International melakukan analisis terhadap Huawei Pura 70 Pro untuk memeriksa komponennya.

 

Mereka menemukan bahwa sejumlah komponen penting pada ponsel ini diproduksi oleh Huawei sendiri dan beberapa pemasok asal China lainnya.

 

Menurut laporan Reuters, Huawei Pura 70 Pro menggunakan chip Kirin 9010 buatan Huawei.

 

Chip ini dibuat dengan fabrikasi 7nm dan sedikit lebih canggih daripada chip Kirin 9000S yang digunakan pada seri Huawei Mate 60 Pro.

 

"Meskipun kami tidak dapat memberikan persentase pasti, kami dapat mengatakan bahwa penggunaan komponen dalam negeri pada Pura 70 lebih tinggi daripada Mate 60," kata teknisi utama iFixit, Shahram Mokhtari, seperti yang dikutip dari Reuters pada minggu 12 Mei 2024.

 

Mokhtari menambahkan, "Ini tentang swasembada—semua yang terlihat ketika membuka ponsel ini dan melihat komponen yang diproduksi oleh pabrikan China, semuanya berhubungan dengan swasembada."

 

Huawei memang terpaksa menjadi mandiri setelah masuk dalam daftar hitam dagang Amerika Serikat pada tahun 2020.

 

Karena tidak dapat mengakses chip dan teknologi pembuat chip dari Barat, Huawei berhasil mengembangkan chip 5G pertamanya yang debut di seri Mate 60 tahun lalu.

 

Selain CPU, Pura 70 Pro juga menggunakan chip memori flash NAND 1TB yang diproduksi oleh HiSilicon, unit semikonduktor milik Huawei.

 

Chip ini setara dengan produk flash memory dari produsen ternama seperti SK Hynix, Micron, dan Kioxia.

 

Perubahan signifikan terjadi jika dibandingkan dengan Mate 60 Pro yang menggunakan memori internal dan DRAM buatan SK Hynix. Namun, Pura 70 Pro masih menggunakan DRAM buatan SK Hynix.

 

Selain itu, Huawei Pura 70 Pro juga mengandalkan beberapa komponen penting lainnya yang diproduksi oleh HiSilicon, seperti modul Wi-Fi dan Bluetooth, serta chip manajemen daya.

 

Beberapa komponen seperti amplifier audio dan LED flash driver diperoleh dari perusahaan lokal seperti Goodix dan Awinic.

 

Meskipun demikian, sensor giroskop dan akselerometer pada Huawei Pura 70 Pro masih menggunakan produk buatan perusahaan Jerman, Bosch.

 

iFixit berpendapat bahwa ada perusahaan asal China yang mampu memproduksi sensor tersebut secara lokal, sehingga mereka bingung mengapa Huawei memilih produk buatan luar negeri.

 

(hil/hil)

Berita Terkait