Tekno

Kirim Foto HD di WhatsApp Sekarang Bisa Default

Whatsapp
Kirim foto HD di Whatsapp kini bisa di atur secara default. (ilustrasi Freepik)

PasundanEkspres - Tahun lalu, WhatsApp memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto HD dengan kualitas lebih tinggi, sehingga kualitas resolusi asli tetap terjaga dengan kompresi yang lebih rendah.

Namun, pengiriman foto HD saat ini agak merepotkan karena pengguna harus memilih opsi HD secara manual setiap kali ingin mengirim foto melalui WhatsApp.

Kini, WhatsApp telah mempermudah proses ini dengan meluncurkan opsi baru yang memungkinkan pengaturan pengiriman foto HD sebagai default.

Menurut laporan dari PasundanEkspres yang mengutip 9to5mac, konsultan media sosial Matt Navarra menyebutkan bahwa pengguna iOS dan Android kini dapat mengatur kualitas HD sebagai default untuk mengirim media beresolusi tinggi di WhatsApp.

Opsi ini tersedia di menu Penyimpanan dan Data dalam pengaturan WhatsApp. Sementara kualitas Standar mengurangi resolusi foto yang diambil dengan iPhone menjadi 960×1280 piksel, kualitas HD mempertahankan resolusi asli gambar yaitu 3024×4032 piksel.

Meski demikian, masih ada sedikit kompresi bahkan ketika opsi HD diaktifkan, tetapi kompresinya jauh lebih rendah daripada sebelumnya.

Tahun lalu, WhatsApp juga memperkenalkan opsi serupa untuk video. Saat diaktifkan, WhatsApp mengirim video dalam resolusi 720p, bukan 480p. Resolusi ini memang lebih rendah dibandingkan 1080p atau 4K, tetapi lebih baik dari kualitas SD. Perlu dicatat bahwa pengaturan baru untuk memilih kualitas default juga berlaku untuk video.

Untuk mengakses fitur-fitur ini, pastikan Anda telah menginstal versi terbaru WhatsApp pada perangkat Anda. WhatsApp tersedia secara gratis di App Store. Perlu diingat bahwa mungkin butuh waktu agar fitur baru ini muncul di perangkat Anda.

Berita Terkait