Tekno

Cara Agar Baterai Ponsel Android Tahan Lama Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Cara Agar Baterai Ponsel Android Tahan Lama Saat Perjalanan Mudik Lebaran
Foto: screenshot via Freepik/rawpixel.com

PASUNDAN EKSPRES - Pengguna smartphone sering menghadapi masalah kehabisan baterai, terutama saat dalam perjalanan mudik.

Menjaga daya baterai ponsel menjadi penting agar tidak mengalami kehabisan saat tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian ulang.

Terdapat beberapa langkah sederhana yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai hingga berjam-jam. Berikut adalah uraian rinci:

Cara Agar Baterai Ponsel Android Tahan Lama Saat Perjalanan Mudik

 

1. Nonaktifkan Fitur Always-on Display

 

Fitur 'always on' pada layar merupakan salah satu penyebab utama penguras daya baterai, dengan menguras sekitar 1,5% per jam. Disarankan untuk menonaktifkan fitur tersebut melalui menu Pengaturan > Tampilan dan Kecerahan.

 

2. Aktifkan Kecerahan Adaptif

 

Menurunkan kecerahan layar hingga 50% dapat membantu menghemat daya baterai, serta disarankan untuk menghindari penggunaan ponsel dalam kondisi cahaya redup. Pengaturan kecerahan dapat diakses melalui menu Pengaturan > Tampilan > Aktifkan Kecerahan Otomatis.

 

3. Gunakan Wi-Fi sebagai Alternatif GPS

 

Wi-Fi dapat digunakan sebagai alternatif untuk menentukan lokasi, mengurangi ketergantungan pada GPS yang menguras daya baterai. Selain itu, mode Hemat Baterai dapat diaktifkan agar ponsel beralih otomatis ke mode gelap. Fitur ini dapat diakses melalui menu Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai.

 

4. Manajemen Aplikasi dan Aktifkan Baterai Adaptif

 

Menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan dapat mengurangi penggunaan daya baterai. Aktifkan juga fitur baterai adaptif untuk mengoptimalkan kinerja baterai sesuai dengan kebiasaan penggunaan ponsel. Pengaturan ini dapat diakses melalui menu Pengaturan > Baterai > Baterai Adaptif.

 

5. Hindari Pengosongan dan Pengisian Berlebihan Baterai

 

Menghindari pengosongan baterai hingga mati atau pengisian berlebihan juga penting untuk memperpanjang masa pakai baterai. Disarankan untuk menjaga level baterai antara 20-80% dan mengaktifkan fitur perawatan baterai melalui menu Pengaturan > Baterai > Perawatan Baterai.

 

(hil/hil)

Berita Terkait