Tekno

Apple Hadirkan Eye Tracking Untuk iPhone dan iPad

eye tracking
Apple hadirkan fitur Eye Tracking untuk iPhone dan iPad untuk kontrol perangkat pakai mata. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple telah meluncurkan beberapa fitur baru dalam aksesibilitas untuk iPad dan iPhone dalam rangka Hari Kesadaran Aksesibilitas Global pada Kamis (16/5/2024). Salah satu di antaranya adalah kemampuan untuk mengontrol perangkat menggunakan teknologi pelacakan mata.

Menurut pernyataan resmi dari Apple, fitur Pelacakan Mata yang baru ini didukung oleh kecerdasan buatan dan dirancang khusus untuk pengguna dengan disabilitas fisik. Teknologi ini menggunakan kamera depan perangkat untuk mengatur dan mengkalibrasi dengan cepat.

"Pengguna dapat menggunakan Pelacakan Mata untuk menavigasi elemen aplikasi dan memanfaatkan Dwell Control untuk mengaktifkan setiap elemen, serta mengakses fungsi tambahan seperti tombol fisik, gesekan, dan gerakan lainnya hanya dengan menggunakan mata mereka," kata Apple.

Fitur Pelacakan Mata ini dapat berfungsi di seluruh aplikasi iPadOS dan iOS tanpa memerlukan perangkat keras tambahan, dan Apple menjamin bahwa data yang dikumpulkan melalui pelacakan mata akan aman dan hanya disimpan di perangkat.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan fitur baru bernama Music Haptics yang dirancang khusus untuk pengguna dengan gangguan pendengaran. Fitur ini memungkinkan Taptic Engine di iPhone untuk memainkan ketukan, tekstur, dan getaran halus pada audio musik, sehingga pengguna dapat menikmati musik dengan lebih baik.

Music Haptics akan tersedia sebagai API bagi para pengembang untuk membuat musik mereka lebih mudah diakses oleh pengguna dengan gangguan pendengaran.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan Pintasan Vokal yang memberikan pengguna iPhone dan iPad lebih banyak kemungkinan untuk mengatur ucapan khusus yang dapat dipahami oleh Siri, serta fitur Listen for Atypical Speech yang memungkinkan pengguna untuk mengenali pola ucapan yang tidak biasa, seperti yang sering dialami oleh mereka yang memiliki kondisi yang memengaruhi kemampuan bicara.

Untuk pengguna yang sering merasa mual saat menggunakan perangkat di dalam kendaraan bergerak, Apple juga memperkenalkan fitur baru bernama Vehicle Motion Cues. Fitur ini menampilkan titik-titik animasi di tepi layar yang bergerak sesuai dengan gerakan kendaraan, dengan tujuan mengurangi konflik sensorik tanpa mengganggu konten utama.

Selain itu, CarPlay juga mendapatkan pembaruan dengan fitur "Kontrol Suara", "Filter Warna" untuk pengguna buta warna, dan "Sound Recognition" untuk memberi tahu pengguna tunarungu atau dengan gangguan pendengaran tentang keberadaan klakson atau sirene mobil.

Terakhir, Apple juga mengungkapkan fitur aksesibilitas yang hadir di visionOS, yang akan mengaktifkan teks langsung selama panggilan FaceTime.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua