Tekno

Apple Siapkan iPhone Lipat dengan Teknologi Canggih, Begini Bocorannya

Apple Siapkan iPhone Lipat dengan Teknologi Canggih, Begini Bocorannya
Apple Siapkan iPhone Lipat dengan Teknologi Canggih/foto via Screenshot (home.es)

PASUNDAN EKSPRES - Mengikuti langkah pabrikan ponsel Android, Apple dilaporkan tengah mempersiapkan iPhone dengan layar lipat.

Desas-desus ini semakin kuat setelah adanya dokumen paten terbaru yang diajukan oleh Apple. 

Menurut laporan Gizmodo, paten tersebut tercantum dalam dokumen "Electronic Devices with Flexible Display Cover Layers." Teknologi layar lipat yang dimiliki Apple diklaim sangat canggih karena mampu memperbaiki dirinya sendiri jika mengalami kerusakan.

 

"Lapisan material layar bisa memperbaiki diri sendiri dengan mengisi bagian penyok tanpa intervensi eksternal," tulis Gizmodo dalam laporan yang dikutip pada Kamis, 23 Mei 2024.

 

Paten ini ditemukan oleh Patently Apple, bersamaan dengan dua lusin paten baru lainnya yang memang diajukan oleh perusahaan tersebut.

 

Perangkat lipat Apple ini akan dilengkapi dengan engsel dan lapisan penutup layar yang fleksibel.

 

Gizmodo mencatat bahwa layar penutup pada Samsung Galaxy Flip dan Fold 5, Pixel Fold, atau OnePlus lebih tipis dibandingkan yang direncanakan oleh Apple.

 

Namun, Gizmodo menambahkan bahwa paten ini tidak hanya berlaku untuk ponsel. Teknologi ini bisa juga diterapkan pada laptop atau tablet.

 

Sebelumnya, Apple telah mengajukan paten terkait kemampuan perangkat untuk memperbaiki diri sendiri, meskipun tidak secara spesifik menyebutkan bahwa teknologi ini untuk layar lipat atau komponen lainnya.

 

LG sebelumnya telah memiliki kemampuan serupa pada pelat belakang perangkat mereka, yang sudah diterapkan pada ponsel G Flex.

 

Laporan dari CCS Insights menyebutkan bahwa teknologi pelapisan nano akan mulai dikembangkan dalam beberapa tahun mendatang.

 

Teknologi ini memungkinkan pelapisan untuk mengisi celah saat lapisan tersebut terkena udara.

 

(hil/hil)

Berita Terkait