Tekno

Google Play Store Tandai Aplikasi Pemerintah dengan Label Khusus, Kenali Aplikasi Resmi!

Label khusus Play Store
Google Play Store akan beri label khusus untuk aplikasi pemerintah. (ilustrasi Freepik @Marcoriveroph)

PasundanEkspres - Google Play Store sekarang memberikan label khusus bagi aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah, membantu pengguna mengidentifikasi aplikasi resmi dari lembaga-lembaga pemerintah.

Label "Pemerintah" di Google Play Store berupa ikon gedung dan akan terlihat di feed Aplikasi utama, hasil pencarian, dan daftar aplikasi.

Label ini akan terlihat jelas di samping peringkat aplikasi, dan pengguna dapat mengklik label untuk melihat penjelasan singkat bahwa Google Play Store telah memverifikasi aplikasi ini sebagai resmi dari entitas pemerintah.

Pada awalnya, label ini akan diterapkan pada aplikasi resmi dari pemerintah negara bagian dan federal, seperti di Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Contohnya di Amerika Serikat adalah aplikasi dari NASA, FEMA, dan IRS2Go, serta aplikasi lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan umum, pemungutan suara, identifikasi, dan parkir.

Google telah melakukan uji coba fitur ini selama beberapa bulan dengan lebih dari 3.000 aplikasi pemerintah yang mendapat label tersebut awalnya, dan telah bekerja sama dengan pemerintah dan mitra pengembang mereka.

Untuk meningkatkan keamanan, disarankan kepada instansi pemerintah untuk menggunakan alamat email pemerintah saat membuat akun pengembang, dan aplikasi yang sensitif seperti yang berkaitan dengan pemungutan suara atau validasi identitas akan memerlukan verifikasi tambahan sebelum disetujui.

Berita Terkait