Tekno

Fakta Menarik mengenai Gemini AI, yang Diklaim Jadi Saingan ChatGPT

tekno
Baru saja Google merilis Gemini, model AI generatif barunya yang paling mempuni dan mempunyai tujuan umum yang dikembangkan sejauh ini. Foto Dok Istimewa

PASUNDAN EKSPRES - Baru saja Google merilis Gemini, model AI generatif barunya yang paling mempuni dan mempunyai tujuan umum yang dikembangkan sejauh ini. 

Tidak hanya itu, Pihak Google berencana akan memperluas versi lanjutan dari model bahasa besar (LLM) tahun depan. LLM mempunyai sifat multimodal, yang artinya dapat 

Dalam konferensi pers, Sissie Hsiao, wakil presiden chatbot AI Google, Bard, mengatakan Gemini Pro mengungguli GPT-3.5 dalam enam dari delapan tolok ukur industri. 

"Model tercanggih Google, Gemini Ultra, mengalahkan GPT-4 terbaru dalam tujuh dari delapan tolok ukur," ungkapnya.

Setelah OpenAI mengeluarkan ChatGPT sekitar satu tahun yang lalu, raksasa teknologi tersebut meluncurkan chatbot dan LLM untuk bersaing dengan starup AI. 

Fakta Menarik Tentang Gemeni AI

Bard Mendapat pembaharuan 

Bard yang didukung oleh Gemini Pro saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan dapat diakses di lebih dari 170 negara. Google berencana untuk mengintegrasikan Bard dengan Gemini Ultra pada tahun depan.

Gemini Berjalan di TPU Google 

LLM berjalan pada unit pemrosesan tensor atau TPU buatan Google. 

"Namun di masa depan, Gemini akan dilatih tentang TPU dan unit pemrosesan grafis (GPU), kata Amin Vahdat, wakil presiden Cloud AI Google.

Berita Terkait