Tekno

Fitur Lirik Lagu Spotify Bakal Gak Gratis Lagi, Harus Langganan Premium!

Fitur lirik lagu Spotify
Fitur lirik lagu Spotify ga gratis lagi bakal harus langganan premium. (ilustrasi Freepik)

PasundanEkspres - Pengguna Spotify yang memanfaatkan versi gratis mungkin segera merasakan dampak kehilangan salah satu keistimewaan terpopuler. Alasannya, Spotify telah memutuskan untuk menaruh fitur lirik lagu di balik dinding berbayar yang mengharuskan para pengguna untuk beralih ke paket Premium.

Kabar tentang pembatasan ini mulai mencuat ketika sejumlah pengguna Spotify mulai mengekspresikan ketidakpuasan mereka di berbagai platform media sosial dan forum seperti Reddit. Mereka membagikan tangkapan layar yang menunjukkan pemberitahuan tentang perubahan tersebut.

Ternyata, pengguna Spotify gratis masih dapat mengakses lirik lagu tanpa harus berlangganan Premium. Namun, Spotify menerapkan batas bulanan untuk akses tersebut.

Kebijakan baru ini tampaknya telah diterapkan secara luas, termasuk di Indonesia. Dilansir dari Pantauan PasundanEkspres, ketika pengguna mencoba mengakses lirik lagu untuk dua kali, muncul pemberitahuan mengenai batasan bulanan.

"Penggunaan lirik memiliki batasan bulanan," begitu bunyi pemberitahuan dari Spotify dalam aplikasinya, seperti yang dikutip oleh PasundanEkspres pada Senin (6/5/2024).

"Mengakses lirik akan mengurangi batasan bulanan yang tersedia. Untuk mendapatkan akses penuh ke lirik, pengguna disarankan untuk beralih ke paket Premium," lanjutnya.

Setelah pengguna mencoba mengakses lirik lagu untuk ketiga kalinya, Spotify memberi pemberitahuan bahwa batas jumlah lirik yang bisa diakses secara gratis untuk bulan tersebut telah tercapai.

"Anda telah mencapai batas jumlah lirik gratis untuk bulan ini," demikian bunyi pemberitahuan tersebut, dilengkapi dengan tombol untuk berlangganan Spotify Premium.

Perubahan ini sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan. Pada musim gugur tahun sebelumnya, Spotify mulai menguji coba pembatasan akses lirik untuk pengguna gratis di beberapa negara.

Namun, belum ada penjelasan resmi dari Spotify mengenai alasan di balik perubahan ini dan mengapa mereka memutuskan untuk membatasi fitur lirik bagi pengguna gratis. Salah satu alasan yang mungkin adalah untuk mendorong pengguna agar beralih ke langganan Premium.

Dalam laporan keuangan terbarunya, Spotify melaporkan memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan dengan jumlah pelanggan Premium mencapai 236 juta orang. Meskipun begitu, pendapatan platform streaming musik ini mencapai 3,67 miliar Euro, sedikit di bawah estimasi analis yang mencapai 3,72 miliar Euro.

Berita Terkait