Tekno

Chip MediaTek Dimensity 9400 Diklaim Ungguli A18 Pro di iPhone 16 Pro

MediaTek Dimensity 9400
MediaTek Dimensity 9400 diklaim ungguli chip A18 Pro. (screenshot @GSMarena)

PasundanEkspres - MediaTek diperkirakan akan meluncurkan chip Dimensity 9400 pada bulan depan. Meskipun belum resmi dirilis, chip ini telah diklaim dapat mengalahkan Apple A18 Pro yang digunakan di iPhone 16 Pro.

Klaim ini didasarkan pada keberadaan unit grafis Immortalis-G925 yang dikembangkan oleh ARM. Perusahaan asal Taiwan ini menyatakan bahwa GPU ini merupakan yang berkinerja tertinggi dan paling efisien hingga saat ini.

Dalam pengujian, GPU ini mencapai 134 fps pada tolok ukur GFX Aztec 1440p off-screen Vulkan. Angka tersebut jauh melampaui Apple A18 Pro yang memperoleh 72 fps dan Snapdragon 8 Gen 3 yang meraih 95 fps.

Sebagai informasi, Aztec merupakan salah satu bagian dari rangkaian GFXBench. Uji coba ini dirancang untuk mensimulasikan lingkungan permainan 3D yang intensif, mendorong perangkat keras grafis hingga batas maksimal, terutama dengan menggunakan Vulkan, salah satu API grafis berkinerja tinggi.

Istilah "1440p" menunjukkan bahwa pengujian dilakukan pada pengaturan resolusi QHD, yang menawarkan tingkat detail yang lebih tinggi. Sementara itu, pengujian off-screen berarti unit grafis hanya diuji untuk kinerja mentahnya tanpa dipengaruhi oleh resolusi yang sebenarnya.

Hasil pengujian ini jelas menunjukkan potensi yang dimiliki Dimensity 9400 dengan Immortalis-G925. Namun, pada akhirnya, kualitas chipset ini tergantung pada bagaimana produsen ponsel mengolahnya.

Oleh karena itu, kita perlu menunggu dan melihat perusahaan mana yang akan memilih chipset MediaTek untuk model flagship mereka di tahun 2025. Siapakah yang akan menjadi yang pertama?

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua