Tekno

Kenali ! Ini 5 Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi, Diantaranya Ada 4 Merek Ponsel China yang Populer

Kenali ! Ini 5 Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi
Kenali ! Ini 5 Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi/foto ilustrasi via Screenshot Freepik (user18437304)

PASUNDAN EKSPRES - Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Stocklytics menyoroti tren yang semakin meningkat terkait tingkat radiasi pada perangkat ponsel, yang sejalan dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap dampak teknologi terhadap lingkungan. 

Analisis pasar yang dilakukan oleh platform tersebut mengidentifikasi Xiaomi dan Samsung sebagai merek ponsel dengan tingkat radiasi tertinggi, dengan sejumlah perangkat Xiaomi mendominasi daftar tingkat radiasi tertinggi yang disampaikan dalam laporan tersebut.

BACA JUGA:Link Tautan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024, Lihat Syarat dan Jadwal Lengkapnya disini

Ponsel dengan Tingkat Radiasi Tertinggi

Berikut adalah lima ponsel dengan tingkat radiasi yang tinggi:

1. Xiaomi Mi A1

2. Xiaomi Mi A1 LTE Dual SIM

3. Xiaomi Mi Max 3

4. Xiaomi Mi Mix 3 5G

5. Samsung Galaxy A23 5G

Ponsel Mi A1 menempati peringkat teratas dengan tingkat radiasi yang mencengangkan, yaitu 1,75 W/kg yang dapat diserap oleh telinga dan 0,76 W/kg yang dapat diserap oleh tubuh. 

Sementara itu, Seri Mi Max 3 dari Xiaomi memiliki tingkat radiasi yang sebanding, dengan angka 1,58 W/kg yang dapat diserap oleh telinga dan sekitar 1,42 W/kg yang dapat diserap oleh tubuh untuk model non-5G. 

Varian 5G dari Mi Max 3 menunjukkan tingkat serupa yang dapat diserap oleh telinga, tetapi tingkat radiasi yang diserap oleh tubuh lebih tinggi, yaitu 1,56 W/kg.

Samsung juga memiliki tingkat radiasi yang serupa, dengan Galaxy A23 5G memiliki tingkat SAR (Specific Absorption Rate) mendekati 1,5 W/kg untuk telinga dan tubuh. 

Bahkan, ponsel lipat yang populer seperti Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 5 menunjukkan tingkat radiasi yang mencapai 1,30 W/kg (telinga) dan 1,51 W/kg (tubuh). Pada peringkat kelima, Galaxy Z Fold 5 memiliki tingkat radiasi sebesar 1,24 W/kg (telinga).

Namun, perlu dicatat bahwa daftar di atas tidak mencakup semua model ponsel pintar dari merek Xiaomi maupun Samsung, karena Stocklytics juga mencatat bahwa ada beberapa ponsel dari kedua merek tersebut yang memiliki tingkat radiasi yang lebih rendah.

Sebaliknya, beberapa merek lain menawarkan model dengan tingkat radiasi yang terbukti lebih rendah. Contohnya, Google Pixel 3a dan 4a, serta seri Apple iPhone 7, semuanya berada dalam kisaran 1,36 W/kg hingga 1,39 W/kg (telinga).

Sebagai informasi, ponsel mengandalkan gelombang frekuensi radio (RF) untuk mengirim dan menerima sinyal, yang pada gilirannya memancarkan tingkat radiasi tertentu. 

Untuk mengevaluasi potensi risiko, ada pengukuran ilmiah yang disebut Tingkat Penyerapan Spesifik (SAR), yang mengukur tingkat di mana tubuh manusia menyerap energi RF dari sumber radiasi ponsel dalam satuan watt per kilogram (W/kg).

 BACA JUGA:Google berencana mengubah sistem operasi Android, Smartphone Masa Depan Berubah Total

Badan pengatur seperti Komisi Komunikasi Federal (FCC) di Amerika Serikat dan Komisi Eropa menetapkan batasan SAR untuk ponsel guna memastikan bahwa paparan RF tetap dalam jumlah yang aman bagi pengguna.

(hil/hil)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua