Daerah

Rasakan Sensasi Segarnya Wisata Alam Pasir Heulang

Wisata Alam Pasir Heulang
MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES WISATA ALAM: Sensasi berwisata alam di Wisata Alam Pasirheulang yang berlokasi di Darangdan, Bantarsari

SUBANG-Jika Anda letih dengan hingarbingar hidup di perkotaan, Anda bisa mencoba sensasi berwisata alam di Wisata Alam Pasir Heulang yang berlokasi di Darangdan, Bantarsari, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang.

Kepala Desa Bantarsari Said Supendi mengatakan, Wisata Alam Pasir Heulang buka setiap hari, kecuali hari Jum'at.

"Buka setiap hari kecuali Jum'at, karena menurut para sesepuh hari Jum'at harus istirahat kecuali sudah jam satu atau jam dua baru boleh," ucapnya.

Said menyebutkan, beberapa hal yang dapat dinikmat dalam tempat wisata tersebut. "Di sini outbond juga ada, camping juga suka ada tapi mungkin karena musim hujan sepi. Di sini juga udah ada homestay," ucapnya.

Untuk homestay sendiri, Anda bisa membayar sebesar Rp350 ribu per harinya dengan kapasitas 4 sampai 15 orang.

Di tempat wisata tersebut juga tersedia berbagai kuliner yang bisa Anda nikmati mulai dari nasi liwet, bakakak ayam kampung, dan kuliner lainnya yang seluruhnya organik.

Ia mengatakan, tempat wisata tersebut bekerja sama dengan berbagai pihak terkait serta lembaga masyarakat sekitar hutan.

"Karena ini wisata alam kita juga menjaga kebersihannya, jadi tidak mengkhawatirkan. Kami juga bekerja sama dengan Perum Perhutani, serta dikelola oleh lembaga masyarakat disekitar hutan. Jadi bukan BUMDes," ucapnya.

Tempat wisata tersebut juga bekerja sama dengan pihak asuransi sehingga para wisatawan yang datang telah dilindungi oleh asuransi setelah membayar tiket yang telah disediakan.

"Kita juga bekerjasama dengan pihak asuransi, jadi siapapun yang masuk kesini dengan membayar tiket sudah termasuk asuransi selama pengunjung ada di area wisata," ucapnya.

Sebagian besar pengunjung wisata ini berasa dari Kota Subang, namun demikian terdapat juga beberapa wisatawan yang berasal dari luar kota.

"Pengunjung sendiri rata-rata berasal dari Kota Subang, tapi ada juga dari luar kota seperti Jakarta, Bekasi, dan Karawang," ucapnya.

Meskipun demikian, Ia mengaku bahwa Wisata Alam Pasirheulang masih belum dikenal luas oleh masyarakat.   

"Perlu disampaikan kepada masyarakat banyak karena tempat wisata ini kan tidak jauh dari Kota Subang, hanya sekitar 12 km dari sini. Tetapi karena baru terus terang kurang dipromosikan karena keterbatasan," ucapnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisat tersebut, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10 ribu untuk tiket masuk.(fsh/ysp)

Berita Terkait