Daerah

Petani Milenial Dilatih Start-up Olah Hasil Pertanian di Kecamatan Binong

Petani Milenial
Puluhan petani milenial di Kecamatan Binong saat mengikuti pelatihan terkait pengolahan hasil produksi pertanian di BPP Kecamatan Binong, Rabu (3/7).(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Koordinator Penyuluh (Korluh) Pertanian Kecamatan Binong melaksanakan pelatihan pertanian bagi petani milenial. Pelatihan tersebut berlangsung di Balai Pertanian Kecamatan, Rabu (3/7).

Pelatihan petani milenial itu bertujuan untuk memupuk petani atau meregenerasi petani  muda untuk terjun langsung mengolah pertanian ataupun mengolah hasil produksi pertanian menjadi komoditas UMKM.

Korluh Pertanian Binong Ahmad Solehudin mengatakan bahwa pelatihan start-up bagi pemuda dan petani milenial ini dilaksanakan  selama 4 hari dari Senin sampai Kamis, (1-4/7). 

Pelatihan petani milenial itu terkait Bidang usaha bidang pertanian, dari mulai budidaya pertanian hingga pengolahan hasil pertanian serta peternakan. "Kita ingin petani ini meregenerasi, makanya petani kita yang muda-muda ini kita latih soal pertanian dan cara budidaya atau bertani," kata Ahmad Soleh.

Abdullah petani milenial asal Desa Binong merasa bersyukur bisa ikut pelatihan ini, sehingga dirinya lebih memahami soal 

budidaya padi dan juga mengolah hasil produksi perranian. "Jadi kita dilatih  cara pengolahan hasil produksi pertanian , bukan  hanya bertani. Semisal padi ketan kita olah menjadi opak," katanya.

Febi petani milenial yang juga pengolah opak ketan ini, merasa tambah ilmu soal bidang pertanian ini, terutama bagaimana mengolah hasil produksi pertanian menjadi komoditas lain.

 Program pelatihan ini diberinala Yess yaitu Youth enterprenership and employmen suport services. Memupuk petani muda memiliki jiwa entreprener.(dan/sep)

 

Berita Terkait