Film

Film Horor Kiblat Dilarang Tayang, MUI Buka Suara

Film Horor Kiblat Dilarang Tayang, MUI Buka Suara
Film Horor Kiblat Dilarang Tayang, MUI Buka Suara

PASUNDAN EKSPRES - Film horor Kiblat yang dibintangi Yasmin Napper, Arbani Yasiz, hingga Ria Ricis baru-baru ini mendapat kritikan tajam dari netizen dan tokoh agama. 

Pasalnya, poster film Kiblat menampilkan seseorang yang sedang rukuk namun posisi kepalanya terbalik mengerikan. 

BACA JUGA:Poster Film Horor Religi Kiblat Dikecam, Berpotensi Bikin Umat Muslim Takut Beribadah

MUI pun akhirnya buka suara mengomentari film horor Kiblat yang dipastikan akan segera tayang di biokop tanah air pada tahun 2024 ini. 

Film yang diproduksi oleh rumah produksi Leo Pictures itu dilarang untuk diputar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurut Ketua MUI Bidang Dakwah, Cholil Nafis, meski tak tahu isi filmnya, dia menilai poster film Kiblat tampak tak sesuai dengan judul filmnya.

BACA JUGA:Sinopsis Film Kiblat, Ceritakan Perjalanan Wanita yang Keluar Dari Aliran Sesat

"Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya seram kok judulnya kiblat ya. Saya buka-buka arti kiblat hanya Ka'bah, arah menghadapnya orang-orang salat," kata dia lewat akun Instagramnya, Minggu (24/3).

"Kalau ini benar, sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama, maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang," sambungnya.

Cholil menyampaikan kritik ke film horor religi itu lantaran penggunaan judul 'Kiblat' dianggap bisa mengarah ke promosi sensitif.

BACA JUGA:Ria Ricis Lakukan "Kayang Koprol" Dalam Film Kiblat Bersama Yasmin Napper dan Arbani Yasiz

"Acapkali menggunakan promosi sensitif dan kontroversi agar menarik perhatian dan banyak penonton. Tapi kalau menyinggung agama biasanya malah tak boleh ditonton," tuturnya.

Kiblat adalah salah satu film horor yang mengangkat tema religi dalam alur ceritanya.Sampai saat ini, film horor garapan sutradara Bobby Prasetyo ini belum menentukan jadwal tayang resmi di bioskop.

BACA JUGA:Pertama Kali Main Film Horor, Yasmin Napper Kapok Segaligus Deg-Degan

Sebenarnya, film Kiblat menawarkan premis cerita yang cukup menarik yaitu tentang seorang gadis yang ingin keluar dari jalan kesesatan menuju kebenaran. 

Setelah membuat kehebohan, Leo Pictures akhirnya menarik kembali poster film Kiblat dari peredaran. 

Sementara itu, film horor ini tururt menampilkan Yasmin Napper, Arbani Yasic, Ria Ricis, Hana Saraswati dan Dennis Adhiswara sebagai pemeran utama. Bagaimana pendapatmu? 

(nym)

 

Berita Terkait