Film

Poster Film Horor Religi Kiblat Dikecam, Berpotensi Bikin Umat Muslim Takut Beribadah

Poster Film Horor Religi Kiblat Dikecam, Berpotensi Bikin Umat Muslim Takut Beribadah
poster cuplikan film Kiblat (Instagram.com/kiblatfilm)

PASUNDAN EKSPRES - Poster film horor religi Kiblat yang bertema Muslim jadi sorotan netizen. Karena menampilkan gerakan salat yang tampak tak lazim dan mengerikan.

Dalam poster film Kiblat itu menunjukkan tubuh orang yang membungkuk ke arah yang berlawan. Hal tersebut juga diperlihatkan dalam trailer yang berdurasi 2 menit 17 detik.

Banyak yang mengecam keras penggunaan atribut agama dalam poster dan trailer tersebut, karena dinilai berpotensi menakut-nakuti umat Muslim untuk beribadah. Bahkan ustaz Hilmi Firdausi juga turut menyampaikan kritikan di X.

BACA JUGA:Sinopsis dan Daftar Pemain Film Horor Pemandi Jenazah, Kisah Nyata?

"Dengan segala hormat kepada para produser film Indonesia, tolong hentikan membuat film horor seperti film Kiblat ini. Sama sekali tdk mendidik, bahkan membuat sebagian orang jadi takut salat," tulisnya, pada Jumat (22/3/2024).

Selain ustaz Hilmi Firdausi , seorang seleb TikTok juga mengungkapkan keresahannya terhadap film horor religi zaman sekarang. Seleb TikTok tersebut adalah Risyad baya'sud yang memiliki 1.1 juta pengikut. 

BACA JUGA:Sinopsis Film Pemukiman Setan (2024), Film Horor Tentang Teror Rumah Angker

Pasalnya, film horor religi masa kini sering menyelipkan sebuah adegan shalat yang seharusnya penuh tuntunan justru dinilai berpotensi menakut-nakuti umat Muslim untuk beribadah.

"Karena semakin dibiarkan semakin menjadi, semakin mulai ngawur dan semakin mulai orang itu gak sadar kalau ini sudah termasuk dengan dari pada, yah penistaan ya. Termasuk dari pada penghinaan sebenarnya terhadap Islam " ungkap Risyad baya'sud.

BACA JUGA:Sutradara Shazam! Garap Film Horor adaptasi Video Game Until Dawn

Menurut Risyad kenapa film-film horor religi saat ini banyak mengadopsi dari ibadah-ibadah kaum muslimin. Ia juga menyinggung film horor terbaru Ria Risic yang berjudul Kiblat.

"Film-film horor, film-film yang mengerikan itu rata-sata saya dapetin itu kenapa harus mengadopsi dari ibadah-ibadah kaum muslimin.Contoh yang paling parah menurut saya ini ada film yang akan launching, Kiblat." 

BACA JUGA:Sinopsis Film Susuk: Kutukan Kecantikan! Kisah Horor yang Menampilkan Harga Kecantikan yang Mahal!

Risyad Baya'sud menyayangkan poster film horor Kiblat yang dibintangi Ria Ricis tersebut memperlihatkan orang sedang rukuk namun dibuat sangat mengerikan. 

Shalat yang berasal dari gerakan yang diajarkan oleh Rasulullah justru dibuat mengerikan sehingga membuat sebagian orang takut mendirikan ibadah wajib tersebut terutama di malam hari. 

Menutup pernyataannya dalam TikTok Risyad Baya'sud menambahkan pesan kepada seluruh sutradara agar lebih memperhatikan lagi film  horor religi yang digarapnya. 

BACA JUGA:Sinopsis Ronggeng Kematian (2024), Film Horor Tentang Hantu Penari Ronggeng yang Tayang di Bioskop

"Seni ketika sudah melanggar Allah melanggar batasan-batasan Allah maka keberkahan mana lagi yang kau inginkan." pungkas Risyad Baya'sud.

Karena membuat kegaduhan, akhirnya pihak rumah produksi film Kiblat menarik kembali poster tersebut. 

Pernyataan Tiktoker tersebut mendapat sambutan yang beragam dari netizen. Ada yang menganggapnya lebay bahkan meminta ia untuk tak menonton film horor religi sebagai solusinya. 

Namun, ada pula netizen yang merasa terwakilkan dengan pernyataan dari  Risyad Baya'sud karena dinilai berpotensi menakut-nakuti umat Muslim untuk beribadah. Bagaimana pendapatmu? 

(nym) 

Berita Terkait