Film

Fakta Unik Film Eksil, Pernah Raih Penghargaan Film Terbaik di JAFF 2023

Fakta Unik Film Eksil, Pernah Raih Penghargaan Film Terbaik di JAFF 2023
Simak selengkapnya fakta unik film Eksil (2024) yang merupakan film dokumenter garapan Lola Amaria. (Foto: IMDB)

PASUNDAN EKSPRES - Simak selengkapnya fakta unik film Eksil (2024) yang merupakan film dokumenter garapan Lola Amaria.

Film Eksil hingga kini menjadi perbincangan para warganet di sosial media setelah beberapa warganet yang telah menonton film ini membagikan ulasan mereka.

Eksil merupakan film dokumenter yang telah tayang pada 1 Februari 2024 secara terbatas di beberapa bioskop Indonesia.

Film ini menceritakan tentang nasib mahasiswa Indonesia yang terjebak di luar negeri dan kehilangan kewarganegaraan Indonesia sejak peristiwa G30S/PKI.

 

BACA JUGA:Sinopsis Eksil (2024), Kisah Pilu Mahasiswa Indonesia yang 'Terbuang' dari Tanah Air

 

Pada tahun 1965, sejumlah mahasiswa asal Indonesia dikirim ke luar negeri untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi ke Uni Soviet (Rusia) dan Tiongkok berkat mendapatkan beasiswa dari pemerintahan Presiden Soekarno.

Nasib buruk menimpa mereka setelah pemerintahan Presiden Soekarno berakhir, para mahasiswa tidak bisa pulang ke Indonesia dan kehilangan kewarganegaraannya sebagai WNI.

Para penonton pun diajak untuk mengetahui bagaimana perjalanan hidup para eksil bertahan di negara lain hingga mereka harus putus kontak dengan keluarga mereka di Indonesia.

Berikut fakta unik film Eksil yang kini menjadi perbincangan di sosial media.

1. Disutradarai oleh Lola Amaria

Lola Amaria sudah lama dikenal sebagai model dan aktris senior Indonesia yang telah membintangi beberapa film Indonesia.

Selain menjadi aktris, ia juga terlibat sebagai sutradara dan produser beberapa film sejak tahun 2006.

Dalam film Eksil, Lola Amaria bertindak sebagai penulis, sutradara, dan produser di mana dirinya menggarap film ini sejak tahun 2015 dan rampung pada tahun 2022.

2. Sempat Dituduh Mata-Mata

Dalam proses pengerjaan film Eksil, sang sutradara sempat kesulitan mencari data para eksil yang tersebar di berbagai negara.

Selain itu, ia juga sempat dikira intel atau mata-mata oleh para eksil, namun berkat pendekatannya, ia mulai dipercaya oleh para eksil dan mereka bersedia diwawancara.

3. Meraih Penghargaan

Film Eksil tercatat pernah meraih penghargaan yakni kategori Best Film dalam Jogja- NETPAC Asian Film Festival 2022.

Selain itu, film ini juga mendapatkan penghargaan kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2023. (inm)

Berita Terkait