Gadget

Spesifikasi dan Desain Xiaomi 15 Pro Terungkap, Siap Diluncurkan Bulan Ini

Xiaomi 15 Pro
Tampilan Xiaomi 15 Pro kini terungkap desainnya bikin tergoda. (screenshot @Smartprix)

PasundanEkspres - Xiaomi 15 dan 15 Pro diprediksi akan menjadi salah satu dari deretan ponsel flagship Android yang akan dirilis dalam bulan ini. Menjelang peluncuran resminya, bocoran mengenai spesifikasi dan desain Xiaomi 15 Pro mulai beredar.

Bocoran render Xiaomi 15 Pro ini pertama kali dibagikan oleh tipster Karthikey melalui SmartPrix. Dalam bocoran tersebut, terlihat bahwa Xiaomi 15 Pro akan hadir dalam tiga varian warna yaitu Hitam, Putih, dan Silver. Selain itu, akan ada edisi khusus dengan bodi berbahan titanium.

Dari segi desain, Xiaomi 15 Pro tampak tidak asing karena memiliki kemiripan dengan seri Xiaomi 14 yang diluncurkan tahun lalu. Namun, terdapat perubahan kecil, di mana flash LED di bagian belakang kini terpisah dari modul kamera.

Meskipun desain keseluruhan tidak banyak berubah, tipster tersebut menyebutkan bahwa Xiaomi telah sedikit menyesuaikan dimensi Xiaomi 15 Pro untuk menampung layar dan baterai yang lebih besar.

Beralih ke layar, Xiaomi 15 Pro dikabarkan akan menggunakan panel AMOLED buatan TCL dengan ukuran 6,78 inci. Layar ini akan sedikit melengkung, memiliki resolusi 2K, refresh rate 120Hz, serta kerapatan piksel mencapai 500 ppi.

Ponsel ini akan didukung oleh chipset Snapdragon 8 Gen 4 yang akan dipasangkan dengan RAM hingga 16GB dan penyimpanan internal hingga 1TB. Chipset Snapdragon 8 Gen 4 sendiri akan diumumkan secara resmi bulan ini, dan Xiaomi 15 series akan menjadi ponsel Android pertama yang menggunakannya.

Dalam hal kamera, Xiaomi kembali bekerja sama dengan Leica untuk menghadirkan fitur dan perangkat keras kamera Xiaomi 15 Pro. Menurut bocoran yang beredar, ponsel ini akan dilengkapi dengan tiga kamera belakang, termasuk kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Light Fusion 900 dengan aperture f/1.4.

Kamera utama ini akan dipadukan dengan kamera ultrawide 50 MP dan kamera telefoto 50 MP dengan optical zoom 5x yang menggunakan sensor Sony IMX858. Sementara itu, untuk kebutuhan selfie, ponsel ini akan memiliki kamera depan 32 MP, sebagaimana mengutip dari Android Authority pada Senin (7/10/2024).

Performa Xiaomi 15 Pro akan didukung oleh baterai berkapasitas 6.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 90W, wireless charging 80W, dan reverse wireless charging 10W. Ponsel ini akan menjalankan sistem operasi HyperOS 2.0 dan diperkirakan akan mendapatkan pembaruan sistem operasi hingga lima tahun.

Xiaomi 15 dan 15 Pro akan diluncurkan di China bulan ini, dengan peluncuran global yang diperkirakan pada awal tahun 2025. Tahun lalu, hanya Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra yang diluncurkan secara global, sehingga belum jelas apakah Xiaomi 15 Pro akan tersedia di pasar internasional atau hanya di China.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua