Internasional

Presiden Tiongkok Melakukan Pertemuan dengan Prabowo Subianto, Tegaskan Kerjasama Kedua Negara

Presiden Tiongkok Melakukan Pertemuan dengan Prabowo Subianto, Tegaskan Kerjasama Kedua Negara
Presiden Tiongkok Melakukan Pertemuan dengan Prabowo Subianto, Tegaskan Kerjasama Kedua Negara (Image From: The Jakarta Post)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden Tiongkok melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto. Presiden Tiongkok, Xi Jinping, memberikan pujian terhadap hubungan yang kuat antara Tiongkok dan Indonesia dalam pertemuan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada hari Senin, (1/4/2024).

Xi menguraikan rencana perdamaian regional dan menegaskan komitmen Tiongkok untuk memperkuat kerja sama maritim dengan Indonesia.

Presiden Tiongkok Melakukan Pertemuan dengan Prabowo Subianto

Dalam laporan dari lembaga penyiaran pemerintah China, CCTV bahwa Xi Jinping menyampaikan kepada Prabowo bahwa hubungan bilateral antara China dan Indonesia telah memasuki tahap baru dalam membangun bersama komunitas masa depan yang saling menguntungkan.

Xi juga menambahkan bahwa China bersedia untuk memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif dengan Indonesia dengan tujuan membangun komunitas antara kedua negara yang memiliki pengaruh regional dan global yang kuat.

Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto tiba di Beijing pada hari Minggu (31/3) untuk menghadiri undangan dari Xi Jinping. Undangan tersebut diberikan oleh Xi ketika memberikan ucapan selamat kepada Prabowo atas perolehan suara yang dalam pemilihan presiden pada tanggal 20 Februari yang lalu, yang jauh melampaui pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya.

Kunjungan ke Beijing ini merupakan kunjungan pertama bagi Prabowo setelah terpilih, yang dianggap sebagai komitmennya untuk melanjutkan kebijakan persahabatan yang telah dibangun oleh Jokowi dengan Tiongkok.

Prabowo mengatakan bahwa ia sepenuhnya mendukung pengembangan hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Tiongkok. 

BACA JUGA: Gubernur Maryland Mendesak Kongres untuk Meloloskan Dana Pembangunan Kembali Jembatan Baltimore

BACA JUGA: Puing-puing Jembatan Baltimore Mulai Dibersihkan dengan Derek Operasional 

Meskipun terdapat perbedaan pendapat mengenai isu-isu teritorial di Laut Cina Selatan, hubungan antara Indonesia dan China secara umum tetap kuat. China merupakan mitra dagang utama bagi Indonesia, dan Beijing telah melakukan investasi senilai miliaran dolar AS dalam proyek-proyek infrastruktur dan industri di Indonesia.

Salah satu proyek adalah pembangunan jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama di Jakarta yang didirikan tahun lalu dengan dukungan dari Beijing. Xi Jinping memberikan pujian terhadap inisiatif tersebut dan menyebutnya sebagai "tanda emas dari kerja sama berkualitas tinggi antara kedua negara."

Sementara itu, Presiden Xi Jinping juga dengan tegas berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk bidang pertahanan, ekonomi, dan keamanan. 

Ketika bertemu dengan Xi di Beijing pada hari Senin, Prabowo menyampaikan rasa hormatnya atas undangan yang diberikan dan menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo. Dalam pernyataan yang dikutip dari VOA Indonesia, Prabowo mengatakan, “Saya ingin menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat kepada saya dan delegasi. Izinkan saya juga meneruskan salam hangat dari Presiden RI Joko Widodo."

Dalam pertemuan tersebut, Xi Jinping sekali lagi memberikan ucapan selamat kepada Prabowo sebagai presiden terpilih yang berhasil dalam pemilihan presiden 2024, dan juga menyampaikan salam kepada Presiden Joko Widodo.

(ipa)

Berita Terkait