Internasional

Gubernur Maryland Mendesak Kongres untuk Meloloskan Dana Pembangunan Kembali Jembatan Baltimore

Gubernur Maryland Mendesak Kongres untuk Meloloskan Dana Pembangunan Kembali Jembatan Baltimore
Gubernur Maryland Mendesak Kongres untuk Meloloskan Dana Pembangunan Kembali Jembatan Baltimore (Image From: The News International)

PASUNDAN EKSPRES - Gubernur Maryland mendesak Kongres untuk meloloskan dana pembangunan kembali jembatan Baltimore yang runtuh.

Dalam upaya untuk membersihkan ribuan ton puing-puing baja dari jembatan yang runtuh di pelabuhan Baltimore, Gubernur Maryland, Wes Moore telah mengajukan permintaan kepada Partai Republik dan Partai Demokrat untuk bekerjasama dalam menyetujui pendanaan federal yang diperlukan untuk pembangunan kembali jembatan dan memulihkan ekonomi pelabuhan.

Gubernur Maryland Mendesak Kongres untuk Meloloskan Dana 

Jembatan Francis Scott Key di Baltimore telah runtuh  yang mengakibatkan kematian enam pekerja. Kejadian tersebut terjadi ketika sebuah kapal kontainer yang hampir sebesar Menara Eiffel mengalami kehilangan daya dan menabrak tiang penyangga jembatan.

Sebagian besar jembatan tersebut roboh ke Sungai Patapsco, sehingga menghalangi jalur pelayaran di Pelabuhan Baltimore.

Pemerintahan Biden mengalokasikan bantuan darurat awal sebesar $60 juta untuk membantu membersihkan puing-puing jembatan dan membuka kembali pelabuhan yang merupakan pelabuhan terbesar di Amerika Serikat untuk impor dan ekspor kendaraan, serta peralatan pertanian dan konstruksi.

Pelabuhan tersebut telah ditutup sejak hari Selasa, yang meninggalkan ketidakpastian bagi sekitar 15.000 orang yang bergantung pada operasional harian pelabuhan tersebut.

Dilansir Reuters, Senin, (1/4/2024), biaya akhir untuk membangun kembali jembatan tersebut dapat mencapai setidaknya $2 miliar. 

Presiden Joe Biden, dari Partai Demokrat telah menjanjikan bahwa pemerintah federal akan bertanggung jawab atas biayanya.

BACA JUGA: Puing-puing Jembatan Baltimore Mulai Dibersihkan dengan Derek Operasional

BACA JUGA: Kasus Demam Berdarah Melonjak di Amerika Serikat, Lebih Parah dari Tahun Lalu

Namun, hal tersebut akan tergantung pada pengesahan undang-undang yang menyetujui pendanaan tersebut oleh Dewan Perwakilan Rakyat yang dikuasai oleh Partai Republik dan Senat yang dikuasai oleh Partai Demokrat.

Kongres yang terpecah ini telah mengalami konflik partisan berulang dalam hal pendanaan, dengan anggota Partai Republik seringkali berselisih bahkan dengan sesama anggota partainya.

Moore yang merupakan seorang anggota Partai Demokrat, menekankan bahwa Partai Republik perlu bersedia menyetujui pendanaan tersebut, bukan hanya untuk kepentingan kota Baltimore, tetapi juga untuk mendukung perekonomian nasional secara keseluruhan.

Menteri Transportasi Pete Buttigieg optimis bahwa Kongres akan menyetujui dana yang diperlukan untuk pembersihan dan pembangunan kembali jembatan.

Ia mencatat bahwa meskipun badan legislatif tersebut mempunyai perbedaan pendapat, mereka telah berhasil mengesahkan paket infrastruktur senilai $1 triliun yang diusulkan oleh Presiden Biden pada tahun 2021.

Sementara itu, Presiden Biden akan mengunjungi lokasi runtuhnya jembatan pada minggu ini. 

(ipa)

Berita Terkait