Internasional

Biden Tekankan Urgensi Gencatan Senjata di Gaza pada Netanyahu Lewat Panggilan Telepon

Biden Tekankan Urgensi Gencatan Senjata di Gaza pada Netanyahu Lewat Panggilan Telepon
Biden Tekankan Urgensi Gencatan Senjata di Gaza pada Netanyahu Lewat Panggilan Telepon (Image From: Vox)

PASUNDAN EKSPRES - Biden tekankan urgensi gencatan senjata pada Netanyahu. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dalam sebuah panggilan telepon dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menekankan perlunya tercapai kesepakatan gencatan senjata untuk para sandera di Gaza.

Biden juga menyoroti pentingnya pembicaraan yang akan datang di Kairo terkait hal tersebut, sebagaimana disampaikan oleh Gedung Putih.

Biden Tekankan Urgensi Gencatan Senjata pada Netanyahu

Para negosiator yang telah berupaya selama berbulan-bulan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Gaza berencana untuk melakukan pertemuan di Kairo dalam beberapa hari ke depan.

“Presiden menekankan urgensi untuk menyelesaikan kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera dan membahas pembicaraan yang akan datang di Kairo untuk menghilangkan hambatan yang masih ada,” demikian pernyataan Gedung Putih mengenai panggilan telepon tersebut, dikutip Reuters

BACA JUGA: Bukan Tobat, malah Lanjut Part 2! Israel Membunuh Komandan Fatah dalam Serangan di Lebanon

BACA JUGA: Mantan Presiden AS Barack Obama Dukung Kamala Harris, Terangan-terangan Bersuara di DNC

Dalam percakapan telepon tersebut, Presiden Biden dan Perdana Menteri Netanyahu juga membahas tentang upaya Amerika Serikat untuk mendukung Israel dalam melawan semua ancaman dari Iran, termasuk kelompok-kelompok teroris proksi seperti Hamas, Hizbullah, dan Houthi, serta membahas pengerahan pasukan militer AS yang sedang berlangsung.

Iran telah mengeluarkan ancaman akan melakukan pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, yang terjadi di Teheran pada tanggal 31 Juli.

Pembunuhan tersebut diduga dilakukan oleh Israel, meskipun pihak Israel tidak memberikan konfirmasi maupun sanggahan terkait keterlibatan mereka dalam insiden tersebut.

Amerika Serikat telah memerintahkan kapal selam berpeluru kendali untuk dikirim ke Timur Tengah.

AS juga memerintahkan kelompok pemogokan kapal induk Abraham Lincoln untuk mempercepat pengiriman ke wilayah tersebut. Tindakan ini dilakukan untuk memperkuat pertahanan Israel di kawasan itu.

(ipa) 

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua