Internasional

Jumlah Penonton Academy Awards 2024 Mengalami Kenaikan dengan 19,5 Juta

Jumlah Penonton Academy Awards 2024 Mengalami Kenaikan dengan 19,5 Juta
Jumlah Penonton Academy Awards 2024 Mengalami Kenaikan dengan 19,5 Juta (Image From: People)

PASUNDAN EKSPRES - Jumlah penonton Academy Awards atau piala Oscar 2024 mengalami kenaikan menjadi 19,5 juta penonton. Siaran Academy Awards ke-96 berhasil menarik perhatian 19,5 juta pemirsa di saluran ABC.

Dikutip Variety, Selasa (12/3/2024), menurut peringkat nasional yang disesuaikan dengan zona waktu, acara Academy Awards ke-96 pada hari Minggu berhasil menarik 19.5 juta pemirsa dan mencapai sebuah peringkat 3,8 dalam kategori usia dewasa 18-49 tahun. Siaran ini berlangsung dari pukul 19.00 sampai pukul 22.29 waktu setempat.

Jumlah Penonton Academy Awards 2024 Mengalami Kenaikan 

Jika dilihat dari tahun sebelumnya, acara piala Oscar di tahun 2023 ini hanya berhasil menarik 18,8 juta pemirsa dan mencapai peringkat 4,0 setelah perhitungan akhir. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa acara tahun ini, Academy Awards berhasil mengalami peningkatan jumlah pemirsa sebesar 4%, tapi secara kategori acara ini mengalami penurunan sebesar 5%. Hal tersebut dikarenakan acara piala Oscar tahun ini dimulai satu jam lebih awal, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Tapi, tidak dipungkiri, siaran langsung Academy Awards 2024 menjadi acara Oscar yang paling banyak ditonton sejak tahun 2020, bahkan telah menunjukkan peningkatan jumlah penonton selama tiga tahun berturut-turut.

BACA JUGA:Supir Bus di Singapura Kebagian Rezeki dari Konser Taylor Swift "The Eras Tour"

BACA JUGA:Bukan Sembarang 'Oleh-oleh', Isi Goodie Bag Oscars 2024 ini Nilainya Nggak Kaleng-kaleng!

Sebagai informasi, siara Academy Awards pada tahun 2021 hanya menarik 10,4 juta penonton saja karena dampak dari pandemi Covid-19. Di mana tahun tersebut merupakan tahun dengan jumlah penonton terendah dalam sejarah. Tapi, tidak lama, pada tahun 2022, Academy Awards kembali meraih popularitasnya dengan 16,6 juta penonton. 

Pada acara Oscar, film biopik "Oppenheimer" telah meraih kesuksesan dengan memenangkan tujuh penghargaan, termasuk kategori film terbaik, sutradara terbaik yang diberikan kepada Christopher Nolan, serta aktor terbaik yang diberikan kepada Cillian Murphy. Selain itu, Robert Downey Jr. juga berhasil memenangkan penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik atas perannya dalam film tersebut.

Sementara itu, Emma Stone berhasil memenangkan Oscar untuk film "Poor Things," sementara Da'Vine Joy Randolph meraih penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik atas perannya dalam film "The Holdovers."

Baik film "Killers of the Flower Moon" karya Martin Scorsese maupun "Maestro" karya Bradley Cooper tidak berhasil meraih kemenangan dalam acara tersebut.

Selain itu, film "Barbie" bahkan tidak masuk dalam hampir semua kategori nominasi, kecuali dalam kategori lagu orisinil terbaik dengan lagu "What Was I Made For?" yang ditulis oleh Billie Eilish dan Finneas O'Connell.

Selamat untuk Academy Awards ke-96, dan para pemenangnya!

(ipa)

 

Berita Terkait