Internasional

Korea Selatan jadi Negara dengan Tingkat Kesuburan Total Terendah ke-2 di Dunia

Korea Selatan jadi Negara dengan Tingkat Kesuburan Total Terendah ke-2 di Dunia
Korea Selatan jadi Negara dengan Tingkat Kesuburan Total Terendah ke-2 di Dunia (Image From: Free Logo Design)

PASUNDAN EKSPRES - Korea Selatan jadi negara dengan tingkat kesuburan total terendah ke-2 di dunia. Korea Selatan, salah satu ekonomi terkuat di Asia, kini dihadapkan pada tantangan demografis yang mengkhawatirkan.

Negara ini telah mencapai rekor baru sebagai negara dengan tingkat kesuburan total (total fertility rate/TFR) terendah kedua di dunia. Penurunan angka kelahiran rata-rata terjadi di banyak negara selama beberapa waktu terakhir.

Tingkat kesuburan total (Total Fertility Rate/TFR) yang dibutuhkan untuk mempertahankan populasi stabil adalah 2,1 anak per wanita.

Korea Selatan jadi Negara dengan Tingkat Kesuburan Total Terendah

Negara-negara yang memiliki TFR di bawah angka 2,1 dianggap mengalami penurunan populasi, sementara negara-negara dengan TFR di atas 2,1 mengalami peningkatan populasi.

Terdapat berbagai faktor yang dapat memengaruhi tingkat kesuburan total (Total Fertility Rate/TFR) suatu populasi. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Faktor sosial, seperti usia saat menikah pertama kali, tingkat literasi, dan paparan media.
  • Faktor ekonomi, seperti peningkatan pendapatan dan biaya untuk membesarkan anak.
  • Faktor dan nilai-nilai budaya.

Secara singkat, di tempat-tempat di mana membesarkan anak lebih mudah dan lebih terjangkau secara biaya, maka TFR cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan tempat-tempat di mana situasinya sebaliknya.

Belum lama ini, telah dirilis sebuah grafik yang menampilkan data Tingkat Kesuburan Total (TFR) untuk beberapa negara di seluruh dunia.

Grafik tersebut melacak perkembangan TFR di setiap negara selama beberapa tahun terakhir, mencakup tahun 2015, 2020, 2023, dan juga memperkirakan TFR di masa depan (jika data tersedia).

BACA JUGA: Swedia Jual Tanah Murah Banget, 1.500 Per Meter! Cek Info Lengkapnya!

BACA JUGA: Latihan Cabor Triathlon Olimpiade 2024 Dibatalkan Imbas dari Sungai Seine yang Tercemar

Negara-negara Asia saat ini memimpin dalam hal tingkat kesuburan yang rendah. Banyak di antara mereka, seperti Taiwan, Korea Selatan, Hong Kong, dan Makau, memiliki Tingkat Kesuburan Total (TFR) kurang dari 1,0 anak per wanita.

Makau memiliki TFR terendah saat ini, yaitu 0,59 anak per wanita, dan diperkirakan akan turun menjadi 0,51 di masa depan. Sementara itu, Korea Selatan menempati posisi kedua terendah dengan TFR 0,72, yang diprediksi akan turun menjadi 0,68.

Berdasarkan data yang ditampilkan dalam grafik, beberapa negara diprediksi akan turun di bawah tingkat kesuburan total (TFR) 1,0 anak per wanita untuk pertama kalinya dalam kolom proyeksi. Negara-negara tersebut adalah Thailand, Chile, dan China.

Meskipun China tidak termasuk dalam grafik yang dirilis, diperkirakan negara ini juga akan memiliki TFR kurang dari 1,0 anak per wanita dalam waktu dekat, jika belum terjadi.

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua