Internasional

Pilpres AS semakin Dekat! Trump Minta Debat Dua Kali dengan Kamala Harris

Pilpres AS semakin Dekat! Trump Minta Debat Dua Kali dengan Kamala Harris
Pilpres AS semakin Dekat! Trump Minta Debat Dua Kali dengan Kamala Harris (Image From: New York Post)

PASUNDAN EKSPRES - Trump minta debal dua kali. Dua kandidat utama dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2024, Donald Trump dari Partai Republik dan Kamala Harris dari Partai Demokrat, akan mengadakan debat pertama mereka pada 10 September di stasiun televisi ABC.

Debat ini merupakan pertemuan tatap muka pertama antara kedua kandidat dalam persaingan yang sangat ketat, berdasarkan berbagai jajak pendapat yang dirilis.

Trump Minta Debat Dua Kali dengan Kamala Harris

Dilansir Reuters, Dalam konferensi pers di kediamannya di Palm Beach, Florida, Trump mengatakan keinginannya untuk mengadakan dua debat tambahan pada 4 September dan 25 September, yang akan disiarkan di stasiun televisi Fox dan NBC.

Sementara itu, Harris mengungkapkan antusiasmenya untuk menghadapi debat pada 10 September dalam sebuah posting di media sosial X, setelah Trump "akhirnya berkomitmen" untuk berpartisipasi.

Dalam pernyataanya kepada wartawan setelah acara kampanye di Detroit, Harris mengatakan bahwa ia terbuka untuk mendiskusikan penambahan debat di masa depan.

BACA JUGA: Konflik Timur Tengah semakin Memanas, Iran dan AS saling Mempersiapkan Diri

BACA JUGA: Israel Menghantam Sekolah dan Rumah Sakit di Gaza, 44 Warga Sipil Tewas!

Namun, seorang pejabat dari kampanye Harris menegaskan bahwa debat yang diusulkan Trump pada 4 September di Fox News tampaknya tidak akan terlaksana.

Menurut pejabat tersebut, diskusi mengenai debat-debat selanjutnya akan bergantung pada partisipasi Trump dalam debat utama yang telah dijadwalkan pada 10 September di ABC.

Kampanye Harris sebelumnya telah mengungkapkan penolakan terhadap debat di Fox News, dengan alasan bahwa jaringan televisi tersebut seharusnya menjadi salah satu yang mensponsori debat utama terbaru yang melibatkan kedua kandidat.

Sebelumnya, Trump telah menyarankan kemungkinan untuk menarik diri dari debat yang dijadwalkan di ABC, hal ini terjadi sebelum Harris menggantikan Biden sebagai calon presiden Partai Demokrat kurang dari tiga minggu lalu, yang kemudian membatalkan rencana debat tersebut.

Debat yang dijadwalkan pada 10 September di ABC akan menjadi debat kedua dari dua debat yang sebelumnya telah disepakati antara Biden dan Trump, setelah debat mereka pada 27 Juni di CNN.

Sebuah jajak pendapat Ipsos yang diterbitkan pada hari Kamis menemukan bahwa Harris telah memperlebar keunggulannya atas Trump sejak akhir Juli.

Harris sekarang memimpin Trump dengan 42% berbanding 37%, dibandingkan dengan survei Reuters/Ipsos pada 22-23 Juli yang menunjukkan dia unggul 37% berbanding 34% atas Trump.

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua