Kesehatan

Arumi Bachsin Berikan 3 Langkah Penting Cegah DBD yang Ampuh Bagi Dirinya dan Keluarga

dbd
Arumi Bachsin memberikan 3 langkah untuk mencegah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sampai saat ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia. (Dok Pinteres)

PASUNDAN EKSPRES - Arumi Bachsin memberikan 3 langkah untuk mencegah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sampai saat ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia. 

Melihat dari data Kemenkes RI dalam lima tahun terakhir tentang kasusu DBD ini tercatat ada 105.763 kasus dengan 815 kasus kematian. 

Dan tahun 2023 angka kasus kematian yang diakibatkan oleh DBD mengalami penurunan yang cukup drastis. 

"Tahun 2023 tercatat total kasus DBD di Indonesia sebesar 114.435 kasus dengan kematian 894 kasus. Dan Dunia saat ini menargetkan nol kematian di tahun 2030," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI diwakili oleh dr Asik Surya, MPPM

Pada kesempatan yang sama, Arumi Bachin mengingatkan kepada audiens yang datang untuk selalu meningkatkan pencegahan DBD. 

 

BACA JUGA:Biasakan untuk Cek Label Informasi Nilai Gizi Sebelum Beli Makanan Kemasan

 

Selain itu juga ia memberikan langkah-langkah untuk mencegah DBD yang ia lakukan terhadap keluarganya dan itu ampuh. 

Konsisten Melakukan 3M Plus 

"Setelah saya menikah, saya membiasakan diri untuk selalu menerapkan 3M plus, apalagi saat ini kita sudah mendapatkan pencegah DBD yang menyeluruh," tutur Arumi dalam acara tersebut. 

Namun pencegahan DBD tidak hanya 3M (menguras bak air, menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang sampai yang tidak terpakai) plus-nya melakukan fogging, obat nyamuk dan menggunakan jaring jamuk. 

Selain dari 3M plus tersebut, kalian juga harus melakukan vaksinasi serta upaya untuk mendorong pencegahan DBD di Indonesia. 

Jangan Menumpuk Pakaian Terlalu Lama 

Kebiasaan ini tentunya perlu untuk dihindari, karna akan berakibat patal jika penyakit DBD telah menghampiri keluarga karna hal yang kecil. 

 

BACA JUGA:10 Tips Bakar Lemak 2024 Ala Ade Rai

 

Sebaiknya, jangan menggantung baju kotor di kamar atau di ruangan lainnya karna itu akan emngundang nyamuk datang. 

Jika kamu memang harus menyimpan baju yang sudah dipakai, kamu bisa melipatkan kemudian simpan di tempat yang bersih dan tertutup. 

Bersihkan Tanaman Liar di Belakang Rumah 

Jika kamu mempunyai taman belakang, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin, jangan biarkan rumput-rumput berkembang biak menjadi tinggi. 

Apalagi jika musim hujan, perawatan ekstra harus dilakukan, karna itu bisa menjadi salah satu hal yang dapat mengusir nyamuk. 

Babad rata, rapihkan tanaman liar tersebut, dan jangan lupa untuk membuang genangan air yang ada di pot atau tempat-tempat terpencil. 

Itulah bebrapa pencegaa yang dikatan oleh Arumi Bachin mengenai pencegahan BDB. 

Berita Terkait