Kesehatan

5 Buah yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa, Mangga Muda Termasuk

5 Buah yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa, Mangga Muda Termasuk
potret Durian (dok.pexels.com/Tom Fisk)

PASUNDAN EKSPRES - Puasa menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan tubuh dan meningkatkan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan dan minuman yang tepat saat berpuasa, termasuk buah-buahan.Berikut beberapa buah yang sebaiknya dihindari saat buka puasa. 

1. Kedondong

Kedondong memiliki rasa asam yang tak baik untuk perutmu. Jika kamu menjadi makanan utama saat berbuka puasa, buah ini bakalan mengikis perut kamu yang sudah kosong selama ber jam-jam. Jadi, kalau kamu mau menyantap buah ini, sebaiknya dikonsumsi setelah makan karbohidrat  ya.

BACA JUGA:Bacaan Niat Puasa Rajab dan Tata Caranya, Bulan Penuh Kemuliaan

2. Durian

Meski buah durian mengandung vitamin C, B6, dan tianim kalium, namun buah ini  juga mengandung gas. Jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong selama berjam-jam, maka asam lambung akan cepat naik. Sehingga akan membuat perutmu terasa sakit dan gak nyaman.

BACA JUGA:7 Perbuatan yang Dapat Mengurangi Pahala Saat Berpuasa

3. Nangka 

Nangka buah seringkali dimasukkan ke dalam beberapa masakan seperti kolak. Sama seperti durian, nangka juga mengandung gas yang dapat memicu kenaikan asam lambung. Jadi, hindari memakan Nangka kalau gak mau perut kamu sakit, ya.

BACA JUGA:10 Ide Jualan Laris di Bulan Puasa Modal 500 Ribu

4. Mangga muda 

Mangga muda menjadi salah satu buah primadona dalam olahan rujak. Buah ini gak boleh kamu santap saat berbuka puasa karena mengandung asam yang cukup tinggi. 

Mangga muda tidak baik kamu lahap dengan kondisi perutmu yang sudah kosong berjam-jam. Kalo kamu mau makan mangga, usahakan makan yang sudah matang dan rasanya yang manis, ya.

BACA JUGA:3 Perbedaan Puasa Ramadhan Muhamadiyah Dengan NU

5. Jeruk nipis   

Jeruk nipis kerap kali dijadikan minuman segar, yang gak disarankan untuk diminum saat pertama kali berbuka puasa. 

Rasa asam pada jeruk nipis bakalan mengikis lambungmu dan memicu kenaikan asam lambung. Apalagi olahan minuman dari jeruk nipis ini sering disandingkan dengan es yang bisa memicu sakit perut. Jadi, jangan coba-coba untuk mengonsumsi jeruk nipis setelah seharian berpuasa, ya.

 

 

Berita Terkait