Lifestyle

5 Cara Menulis Artikel Cepat yang bikin Kamu Sat Set Langsung Beres

5 Cara Menulis Artikel Cepat yang bikin Kamu Sat Set Langsung Beres
5 Cara Menulis Artikel Cepat yang bikin Kamu Sat Set Langsung Beres (Image From: Pexels/JESHOOTS.com)

PASUNDAN EKSPRES - Cara menulis artikel cepat ini akan memudahkan kamu dalam menggarap artikel yang akan kamu tulis.

Menurut Wikipedia, artikel merupakan karangan faktual yang komprehensif dengan panjang tertentu, dibuat untuk dipublikasikan melalui media daring maupun media cetak seperti, koran, majalah, atau buletin.

Tujuan utama artikel adalah untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, serta menghibur pembaca.

Isi artikel sendiri bermacam-macam, misalnya artikel yang berisikan sejarah, petualangan, argumentasi, hasil penelitian atau bahkan bimbingan untuk melakukan atau mengajarkan sesuatu. 

Nah, buat kamu penulis artikel, mungkin kamu seringkali mengalami kendala kecepatan.

Bahkan kamu dituntut untuk menghasilkan banyak tulisan dalam satu hari. Buat kamu yang mengalami kendala tersebut, kamu bisa mencoba mengikuti beberapa cara nulis artikel cepat di bawah ini. 

Cara Menulis Artikel Cepat 

Berikut adalah beberapa cara menulis artikel cepat yang bisa kamu coba. Informasi ini dikutip dari postingan Instagram @penuliskonten.id, Senin (3/6). 

Membuat Rencana dan Outline 

Cara menulis artikel cepat yang pertama adalah dengan membuat rencana dan outline. Kamu bisa menentukan target harian, misalnya jumlah artikel atau kata yang harus kamu tulis.

Sebelum itu, kamu bisa membuat kerangka atau outline untuk setiap artikel yang akan kamu garap. Jangan membuat outline, kemudian menulis artikel, outline lagi, lalu menulis artikel.

Kamu bisa menciptakan outline untuk semua artikel secara sekaligus. Hal tersebut akan membantu kamu dalam menjaga fokus dan alur tulisan. 

Manfaatkan Waktu dengan Efektif 

Cara menulis artikel dengan cepat yang berikutnya adalah memanfaatkan waktu dengan efektif.

BACA JUGA: 5 Bonsai Kelapa Termahal di Indonesia!

BACA JUGA: Resep Bolu Cake Lembut dan Mengembang Sempurna!

Kamu bisa membuat waktu khusus untuk menulis. Misalnya dengan 90 menit menulis, 15 menit beristirahat. Prioritaskan artikel yang menurut kamu paling mendesak atau sulit terlebih dahulu. 

Riset 

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset. Kamu bisa mengumpulkan semua informasi yang diperlukan sebelum mulai menulis di satu tempat.

Kamu juga bisa membuat catatan atau daftar referensi untuik memudahkan akses informasi ketika kamu menulis. 

Menggunakan Alat Bantu 

Buat kamu yang anti dengan teknologi AI, sepertinya kamu harus merubah pola pikir kamu. Teknologi AI yang digadang-gadang katanya dapat merusak kualitas artikel, sebenarnya dia bisa menolong kamu.

Kamu gak perlu menyalin artikel dengan teknologi AI ini. Kamu hanya perlu jadikan teknologi AI sebagai alat bantu untuk mengoreksi tata bahasa dan ejaan. Kamu bisa memulainya dari poin-poin terlebih dahulu, kemudian pada isi, dan penutup. 

Tulis tanpa Edit 

Cara menulis artikel cepat yang bisa kamu coba terapkan adalah menulis tanpa edit. Kamu bisa menuliskan artikel dengan jangan memperdulikan kalau artikel kamu ada yang salah.

Kamu bisa fokus pada penyelesaian tulisan terlebih dahulu. JIka sudah selesai, barulah kamu merevisi dan melakukan edit pada artikel kamu. 

Nah, itulah beberapa cara menulis artikel cepat yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait