Lifestyle

5 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Ampuh bikin Kinclong

5 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Ampuh bikin Kinclong
5 Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah, Ampuh bikin Kinclong (Image From: Seventeen Magazine)

PASUNDAN EKSPRES - Manfaat masker kunyit untuk wajah sangat ampuh untuk mengatasi masalah kecantikan kamu.

Kunyit merupakan rempah asli khas Asia yang memiliki segudang manfaat yang baik bagi diri, entah itu kesehatan atau kecantikan. Mengenai kecantikan, kunyit bisa dijadikan sebagai masker wajah yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit secara alami, lho.

Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit terbukti mempunyai sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga bisa membantu mengatasi masalah kulit, misalnya jerawat, peradangan, dan penuaan dini. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat kunyit untuk kecantikan. 

Nah, di sini terdapat beberapa manfaat masker kunyit untuk wajah yang bisa mengatasi permasalahan kulit kamu. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. 

Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah 

Berikut adalah beberapa manfaat masker kunyit untuk wajah yang dilansir dari berbagai sumber. 

Mencerahkan wajah 

Manfaat masker kunyit untuk wajah yang pertama adalah mencerahkan wajah. Kamu bisa mendapatkan wajah yang cerah dengan menggunakan masker kunyit secara rutin.

Manfaat tersebut karena kandungan antioksidan dan antiradang yang ada pada kunyit yang bisa melawan radikal bebas penyebab kulit kusam. 

Mengatasi kulit berminyak 

Manfaat selanjutnya dari penggunaan masker kunyit adalah bisa mengatasi kulit berminyak.

BACA JUGA: 4 Cara Mengatasi Mood Swing yang Dijamin Ampuh, Auto Gak Badmood lagi!

BACA JUGA: Memaknai Kehidupan Melalui Quotes di Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring

Kunyit merupakan bahan alami yang tepat untuk kulit berminyak karena kemampuannya untuk mengatur produksi sebum, yaitu zat berminyak dari kelenjer sebaceous. 

Melawan Jerawat 

Manfaat masker kunyit untuk wajah yang berikutnya adalah melawan jerawat. Kunyit yang bersifat antiseptik dan antibakteri sangat efektif dalam melawan jerawat.

Kunyit bisa menjadi solusi terbaik untuk menangkal permasalahan kulit, misal kemerahan, peradangan dan bahkan bisa meratakan perubahan warna kulit. 

Walaupun memiliki efektivitas dalam mengatasi jerawat, belum ada bukti klinis yang signifikan mengenai kemampuannya untuk menyembuhkan jerawat.

Agar dapat merasakan manfaatnya, kunyit dapat dikonsumsi dalam bentuk bumbu makanan, teh, maupun suplemen.

Menyamarkan kantung mata yang menghitam

Manfaat selanjutnya dari masker kunyit adalah kemampuannya dalam menyamarkan kantung mata yang menghitam. Kantung mata yang menghitam menjadi salah satu permasalahan wajah yang seringkali dialami oleh banyak orang.

Kamu bisa menggunakan masker kunyit untuk menciptakan kulit yang lebih segar dan bersinar, tentunya bisa menyamarkan kantung mata pada wajah. 

Mengatasi kulit kering 

Manfaat masker kunyit untuk wajah yang harus kamu tahu adalah kemampuannya dalam mengatasi kulit kering.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kandungan aktif pada kunyit yang diyakini bisa memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk dengan mengurangi garis-garis halus dan kerutan. 

Nah, itulah mengenai manfaat masker kunyit untuk wajah. Walaupun kunyit merupakan bahan alami yang aman digunakan, sebaiknya kamu harus menghindari penggunaan yang berlebihan karena bisa menyebabkan beberapa efek samping, seperti sensasi panas, gatal, kulit kering, sampai iritasi kulit. 

Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

Berita Terkait