Lifestyle

5 Amalan Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan

PASUNDAN EKSPRES - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Di bulan ini, Allah SWT memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk meraih pahala yang berlipat ganda. Berikut 5 amalan berpahala besar yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan:

1. Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah rukun Islam keempat yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam yang baligh, berakal sehat, dan tidak memiliki udzur syar'i. Pahala puasa Ramadhan dilipatgandakan oleh Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Setiap amal kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Allah berfirman, 'Puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Shalat Tarawih

Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari selama bulan Ramadhan. Shalat Tarawih memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang berdiri (mengerjakan shalat) malam di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Cara Cek Gula Darah Tinggi Tanpa Alat dan Ciri cirinya

3. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Membaca Al-Qur'an memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat memberikan ketenangan hati dan pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan, dan setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. at-Tirmidzi)

4. Bersedekah

Bersedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Bersedekah dapat memberikan pahala yang berlipat ganda dan dapat membantu orang lain yang membutuhkan. Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta." (HR. Muslim)

5. Menjalankan I'tikaf

I'tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT. I'tikaf adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. I'tikaf memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang i'tikaf di masjid dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang." (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Manfaat Menakjubkan Minum Air Rebusan Serai di Pagi Hari

Selain 5 amalan di atas, masih banyak amalan lainnya yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan untuk meraih pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan bulan Ramadhan sebaik-baiknya dengan memperbanyak ibadah dan amalan sholeh.

Berita Terkait