Lifestyle

Ini Dia Jenis-jenis Kebohongan yang Jarang Kamu Ketahui

Ini Dia Jenis-jenis Kebohongan yang Jarang Kamu Ketahui
Ini Dia Jenis-jenis Kebohongan yang Jarang Kamu Ketahui (Image From: Pexels/RDNE Stock Project)

PASUNDAN EKSPRES - Jenis-jenis kebohongan yang mungkin tidak kamu ketahui ini cukup penting, lho.

Siapa di sini yang pernah melakukan kebohongan? Hampir semua orang pasti pernah melakukan kebohongan dengan alasan apa pun. 

Menurut Wikipedia, kebohongan merupakan jenis penipuan dalam bentuk pernyataan yang tidak benar, khususnya dengan maksud untuk menipu orang lain, seringkali dengan niat lebih lanjut sebagai bentuk penjagaan terhadap rahasia atau reputasi, atau perasaan melindungi seseorang atau untuk penolakan terhadap suatu tindakan, atau menghindari sebuah hukuman. 

Nah, mengenai kebohongan, ada beberapa jenis yang harus kamu ketahui mengenai kebohongan.

Kira-kira apa saja jenis-jenis kebohongan? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Jenis-jenis Kebohongan 

Berikut adalah jenis-jenis kebohongan yang dilansir dari salah satu postingan Instagram @psikologid, Rabu, (1/5/2024). 

White Lies 

Jenis-jenis kebohongan yang pertama adalah kebohongan putih atau white lies. Kebohongan ini tidak bertujuan untuk merugikan orang lain. Kebohongan ini berisikan kalimat-kalimat bohong yang bertujuan baik.

Misalnya ada seorang ibu yang memuji anaknya agar sang anak tidak menjadi pribadi yang rendah diri. Selain itu, kalau kamu pernah melihat atau bahkan mengalaminya sendiri, mungkin kamu pernah mendapatkan sebuah pujian pada sesuatu yang sebenarnya kesalahan yang kamu lakukan, hanya karena seseorang itu tidak berniat untuk menyakiti hati kamu. 

Beautiful Lies 

Jenis kebohongan yang berikutnya adalah beautiful lies yang merupakan kebohongan cantik.

Kebohongan ini menggunakan kalimat yang indah dengan tujuan yang tersembunyi, atau maksudnya adalah ingin mengambil keberuntungan dari orang lain.

BACA JUGA: Ciri Ciri Tanda Allah SWT Naikkan Derajat Seseorang, Hanya Allah SWT Semata yang Mampu Menaikkan Derajat Seseorang

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Kuliner di Subang yang Wajib Dicoba!

Misalnya adalah seorang pria yang memuji lawan jenisnya, pegawai yang memuji atasannya agar ia bisa naik jabatan, atau bahkan seorang penjual yang memuji calon pembelinya. 

Self Lies 

Kebohongan yang selantnya adalah self lies atau berbohong pada diri sendiri.

Kebohongan ini sering kita lakukan dengan memanipulasi keadaan diri sendiri yang bertujuan untuk menghindari rasa tidak nyaman terhadap sesuatu.

Misalnya saja adalah mengungkapkan kalimat, "aku baik-baik saja", padahal bisa jadi itu merupakan self-talk positif untuk menipu keadaan diri dan membuat suasana menjadi lebih baik. 

Half Truth 

Jenis-jenis kebohongan yang harus kamu tahu adalah half truth atau kebohongan pasif.

Kebohongan ini digunakan untuk menyimpan sebagian informasi yang dirasa merugikan pribadiknya, dan hanya akan menyampaikan sesuatu yang dirasa aman bagi diri sendiri.

Contoh dari kebohongan ini adalah kamu menceritakan kejadian yang tidak secara utuh dan menyelutuh, atau kamu berpura-pura tidak memahami sesuatu. 

Compulsive Lies 

Jenis yang terakhir dari kebohongan adalah compulsive lies. Kebohongan ini bertujuan untuk memperoleh penerimaan dan juga rasa aman.

Biasanya orang yang berbohong merupakan orang yang ingin mendapatkan perhatian, dikagumi, dan ingin menjadi populer.

Pelaku akan melebihkan sesuatu yang membanggakan dirinya, mencari kesan baik atau malah berpura-pura menjadi korban kejahatan dan menciptakannya secara dramatis. 

Nah, itulah mengenai jenis-jenis kebohongan yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait