Lifestyle

5 Tips Menahan Emosi di Bulan Puasa, Bikin Hati Tenang, Ramadan Makin Tentram

5 Tips Menahan Emosi di Bulan Puasa, Bikin Hati Tenang, Ramadan Makin Tentram
5 Tips Menahan Emosi di Bulan Puasa, Bikin Hati Tenang, Ramadan Makin Tentram (Image From: Pexels/Mikael Blomkvist)

PASUNDAN EKSPRES - Tips menahan emosi di bulan puasa ini sangat penting untuk dipahami oleh kamu. Apakah kamu pernah mendengar tentang larangan marah-marah di bulan puasa?

Well, pada kenyataannya menahan amarah atau emosi ketika kita berpuasa bukanlah perkara yang mudah. Kamu juga mungkin pernah menyadari bahwa ketika kita berpuasa, rasanya menjadi sensitif pada berbagai hal.

Nah, tentunya marah-marah di bulan puasa akan membuat kita kehabisan energi. Jadi, memang lebih baik untuk tetap tenang dan berusaha untuk mengontrol amarah kamu. 

Oleh karena itu, di sini terdapat tips menahan emosi di bulan puasa yang bisa coba kamu terapkan. Yuk, cari tahu beberapa tips tersebut. Simak di bawah ini, ya. 

Tips Menahan Emosi di Bulan Puasa 

Berikut adalah beberapa tips menahan emosi di bulan puasa yang bisa kamu coba terapkan. 

Melakukan Teknik Pernapasan 

Tips menahan emosi di bulan puasa yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan teknik pernapasan. Saat berpuasa, seringkali perasaan menjadi mudah tersulut, bahkan pada hal-hal yang sepele.

Kalau kamu sudah merasa ingin meluapkan amarah, jangan dulu mengeluarkan kata-kata dengan makian, kamu bisa mengambil waktu sejenak, menutup mata, kemudian tarik napas sedalam-dalamnya, dan hembuskan.

Selama menarik napas, kamu bisa mencoba memikirkan beberapa hal yang menyenangkan untuk menenangkan diri kamu sendiri. Jangan lupa dicoba!

Dengarkan Musik 

Tips menahan emosi selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik. Saat kamu marah dan merasa kesal terhadap sesuatu, kamu bisa menahannya dengan mendengarkan musik yang kamu sukai.

Biasanya dengan mendengarkan musik, kamu bisa berusaha untuk mengatur emosi. Dengarkan musik yang ceria, agar perasaan kamu menjadi lebih bahagia dan tenang. 

Hindari Mereka atau Situasi yang Membuat Kamu Emosi

Tips menahan emosi di bulan puasa yang bisa kamu terapkan adalah dengan menghindari mereka atau situasi yang bisa membuat kamu emosi.

BACA JUGA: Hampers Lebaran untuk Orang Tua dan Mertua 2024

BACA JUGA: Hukum Mokel Bulan Puasa yang Viral di TikTok, ini Penjelasannya

Kamu bisa mencoba menjaga jarak dari mereka yang dianggap bisa memicu kemarahan kamu. Dengan menghindari mereka, mungkin kamu merasa lebih tenang dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. 

Beristghfar 

Bagi kamu yang umat Muslim, kamu bisa beristghfar sebagai cara untuk menahan emosi di bulan puasa.

Kalau kamu tengah menghadapi sesuatu atau seseorang bisa menimbulkan emosi, kamu bisa memperbanyak mengucapkan istighfar agar kamu bisa menjadi lebih tenang. Dijamin ibadah bulan puasa kamu akan lebih tenang. 

Olahraga Ringan

Tips menahan emosi di bulan puasa yang berikutnya adalah dengan melakukan olahraga ringan. Siapa yang bilang kalau berpuasa kita dilarang berolahraga?

Kamu bisa melakukan olahraga ringan menjelang berbuka untuk mengurangi hormon stres dalam tubuh. Dengan berolahraga, otak kamu akan menghasilkan endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati. 

Nah, itulah mengenai beberapa tips menahan emosi di bulan puasa yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

Berita Terkait