Lifestyle

5 Shopping Mall Terbesar di Dunia, auto bikin Kamu Pengen Jalan-jalan

5 Shopping Mall Terbesar di Dunia, auto bikin Kamu Pengen Jalan-jalan
5 Shopping Mall Terbesar di Dunia, auto bikin Kamu Pengen Jalan-jalan (Image From: Pexels/Tuur Tisseghem)

PASUNDAN EKSPRES - Shopping mall terbesar di dunia ini bakalan bikin kamu pengen ke sana. Pusat perbelanjaan atau shopping mall seringkali menjadi salah satu tujuan self-healing masyarakat.

Kegiatan di pusat perbelanjaan sangat beragam, dari mulai belanja, makan, atau hanya sekedar melihat-lihat. 

Di seluruh dunia, terdapat berbagai shopping mall dengan ukuran dan fasilitas yang berbeda-beda. Bahkan, ada mall yang menawarkan fasilitas hiburan yang unik-unik, seperti bioskop, akuarium raksasa, escape room, karaoke, live band, ice skating, bahkan sampai galeri seni rupa. 

Nah, mengenai shopping mall, kamu harus tahu, nih ada beberapa shopping mall terbesar di dunia. Kira-kira di mana saja shopping mall terbesar itu? 

Shopping Mall Terbesar di Dunia

Berikut adalah beberapa shopping mall terbesar di dunia yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (25/6). 

Iran Mall 

Iran Mall telah menjadi pusat perbelanjaan dengan ukuran paling luas di dunia. Jika dibandingkan dengan mal-mal lainnya, luas Iran Mall jauh lebih besar.

Luas area Iran Mall yang mencapai 1,95 juta meter persegi bahkan masih lebih besar dari ukuran sebuah negara-kota yang berdaulat, yaitu Kota Vatikan, lokasi pusat Gereja Katolik di Italia.

Bagian atap dari Iran Mall difungsikan sebagai area olahraga. Dengan luasnya area tersebut, pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti hiking dan bersepeda di atas atap mal. Selain itu, di area atap mal juga tersedia fasilitas olahraga lainnya, seperti lapangan tenis, kolam renang, dan bahkan gelanggang es skating.

IOI City Mall Malaysia

Di posisi kedua terbesar setelah Iran Mall adalah IOI City Mall di Malaysia. Mal ini menawarkan berbagai atraksi unik bagi pengunjung, seperti taman indoor, taman hijau, serta berbagai instalasi seni.

BACA JUGA: Tugas Maid of Honor di Pernikahan yang Bukan Cuma Nemenin Doang!

BACA JUGA: 5 Ide Obrolan dengan Gebetan yang bikin si Dia Betah Lama-lama, Dijamin Gak Ngebosenin!

Pusat perbelanjaan seluas 821.000 meter persegi ini berlokasi di kawasan strategis, yaitu di Putrajaya, dekat dengan Kuala Lumpur dan Selangor. Hal ini menjadikan IOI City Mall sebagai destinasi favorit bagi penduduk lokal maupun wisatawan.

New South China Mall 

Shopping mall terbesar di dunia berikutnya adalah New South China Mall. New South China Mall terletak di Dongguan, China, dan memiliki reputasi sebagai mal terbesar di dunia dalam hal luas kotor yang dapat disewakan.

Mal ini memiliki ruang ritel seluas 6,46 juta kaki persegi, setara dengan 2.300 toko. Setiap zona di mal mencerminkan kota-kota internasional dan menampilkan replika landmark seperti Arc de Triomphe.

Meskipun bangunannya megah, lebih dari 99% toko di mal ini masih kosong sejak dibuka pada tahun 2005. Namun, upaya renovasi dan modernisasi besar-besaran yang dilakukan kemudian berhasil meningkatkan tingkat okupansi mal menjadi 91% pada tahun 2020.

Isfahan City Centre 

Pusat perbelanjaan terbesar selanjutnya di dunia juga dapat ditemukan di Iran, tepatnya di kota Isfahan.

Isfahan City Center resmi dibuka pada tahun 2012 dan langsung menempati peringkat kedua sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Iran, serta salah satu mal terbesar di dunia dengan luas area sewa sekitar 650.000 m2.

Mall terbesar di dunia ini juga terkenal dengan keberadaan wahana taman hiburan indoor terbesar di Timur Tengah yang mencapai luas 345.000 m2. 

SM Mall of Asia

Shopping mall terbesar di dunia selanjutnya adalah SM Mall of Asia, atau yang lebih dikenal sebagai Mall of Asia, adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Bay City, Pasay, Filipina, di dalam kawasan SM Central Business Park.

Mal modern ini memiliki luas area sewa 589.891 m2, menjadikannya tidak hanya pusat perbelanjaan terbesar di Filipina, tetapi juga salah satu mal terbesar di dunia.

Pada tahun 2021, pusat perbelanjaan ini melakukan ekspansi dengan ditambahkannya gerai IKEA pertama yang dibuka di Filipina. IKEA tersebut juga merupakan cabang IKEA terluas di dunia, yang berlokasi di dalam kompleks pusat perbelanjaan ini.

Pusat perbelanjaan terbesar di dunia ini juga memiliki arena ice-skating berstandar olimpiade pertama di Filipina dengan luas 1.800 meter persegi.

Nah, itulah mengenai beberapa shopping mall terbesar di dunia yang harus kamu ketahui. 

(ipa)

 

Berita Terkait