Nasional

Daftar Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Jadi PNS, Catat agar Tidak Lupa!

Daftar Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Jadi PNS
Daftar Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Jadi PNS (Image From: Beritajakarta.id)

PASUNDAN EKSPRES - Daftar Sekolah Kedinasan yang lulus langsung jadi PNS ini harus kamu ketahui. Bulan Maret ini, lulusan SMA/SMK sederajat harus bersiap untuk mengikuti pendaftaran sekolah kedinasan 2024.

Buat kamu yang lulusan SMA/SMK sederajat ini pasti ingin tahu sekolah kedinasan mana saja yang lulusnya bisa langsung jadi PNS. PNS atau Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu profesi pekerjaan yang diidam-idamkan oleh sejumlah masyarakat Indonesia.

Proses masuk PNS ini cukup sulit, sehingga membuat beberapa orang perlu mempersiapkan banyak hal agar bisa menjadi CPNS, salah satunya adalah dengan memilih perguruan tinggi. 

Di samping Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), terdapat berbagai sekolah kedinasan di bawah Kementerian atau Lembaga Negara yang menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan memiliki peluang yang tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Nah, kira-kira di mana saja sekolah kedianasan tersebut? Simak informasi mengenai daftar sekolah kedinasan yang lulus langsung jadi PNS. 

Daftar Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Jadi PNS

Berikut adalah daftar sekolah kedinasan yang lulus langsung jadi PNS. 

IPDN 

Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memiliki kesempatan untuk bekerja di sektor birokrasi pemerintahan. Kamu dapat memulai karier sebagai staf pemerintahan daerah (Pemda), Pemerintahan Provinsi (Pemprov), atau di kantor kementerian.

Untuk mendaftar di IPDN, terdapat persyaratan terkait batasan usia dan tinggi badan. Calon pendaftar IPDN harus berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun saat mendaftar. Sementara itu, syarat tinggi badan untuk calon siswa IPDN adalah minimal 160 cm untuk pria dan minimal 155 cm untuk wanita.

PKN STAN 

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) adalah sebuah sekolah kedinasan yang merupakan bagian dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Setelah menyelesaikan pendidikan di PKN STAN, lulusan memiliki kesempatan untuk langsung bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lembaga-lembaga yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan.

BACA JUGA:Kemenpora Apresiasi Turnamen Futsal Disway Cup 2024

BACA JUGA:Update Hasil Real Count Pilpres 2024, 4 Maret: Prabowo-Gibran Masih Unggul

Dalam hal persyaratan, terdapat batasan usia yang harus dipenuhi untuk mendaftar di PKN STAN. Batas usia maksimal untuk mendaftar di PKN STAN pada tanggal 1 September dalam tahun yang bersangkutan adalah 21 tahun.

Sedangkan batas usia minimal pada tanggal 1 September dalam tahun yang bersangkutan adalah 14 tahun. Selain itu, PKN STAN juga mengharuskan calon pendaftar untuk memiliki Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK SNBT).

STIS 

STIS adalah sebuah institusi pendidikan tinggi kedinasan di bidang statistika yang dijalankan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan didirikan pada tanggal 11 Agustus 1958. Polstat STIS menawarkan dua jurusan, yaitu Jurusan Statistika (Ekonomi) dan Jurusan Statistika (Sosial-Kependudukan).

Jurusan Statistika (Ekonomi) melatih mahasiswa untuk menjadi tenaga ahli statistik di bidang ekonomi, sementara Jurusan Statistika (Sosial-Kependudukan) menghasilkan tenaga ahli statistik di bidang sosial-kependudukan.

Selain itu, Polstat STIS juga memiliki Jurusan Komputasi Statistik yang melatih mahasiswa untuk menjadi tenaga ahli di bidang komputasi dan sistem informasi yang berkaitan dengan statistika.

Setelah menyelesaikan program sarjana di Polstat STIS, lulusan akan memperoleh gelar Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat), sedangkan lulusan program Diploma III akan memperoleh gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat).

STIN 

STIN merupakan sebuah sekolah kedinasan yang dimiliki oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Setelah menyelesaikan pendidikan di STIN, para lulusan memiliki kesempatan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Selain itu, siswa yang diterima di STIN akan mendapatkan fasilitas yang lengkap selama masa kuliah mereka. Mereka akan tinggal di asrama yang disediakan, mendapatkan konsumsi harian, serta seragam yang diperlukan tanpa dikenakan biaya apapun.

STMKG 

STMKG merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Tujuan utama dari STMKG adalah untuk melatih tenaga ahli tingkat madya yang akan mendukung pelaksanaan tugas-tugas yang terkait dengan bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika di BMKG.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Poltekip adalah sebuah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang memiliki status ikatan dinas.

Setelah menyelesaikan program studi di Poltekip, lulusan dapat langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kemenkumham.

Poltekip menawarkan pendidikan sekolah kedinasan tingkat Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan, dengan program kuliah yang berlangsung selama 4 tahun, setara dengan gelar Strata 1 (S1).

Itulah mengenai daftar sekolah kedinasan yang lulus langsung jadi PNS. (ipa)

Berita Terkait