Nasional

Cara CeK PIP Kemdikbud 2024 yang Siap Cair Bulan ini

Cara CeK PIP Kemdikbud 2024 yang Siap Cair Bulan ini
Cara CeK PIP Kemdikbud 2024 yang Siap Cair Bulan ini (Image From: The Jakarta Post)

PASUNDAN EKSPRES - PIP Kemdikbud untuk periode bulan Oktober 2024 mulai cair. Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) merupakan salah satu bantuan penting bagi siswa di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2024, pencairan PIP telah memasuki tahap ketiga. Banyak siswa yang telah menunggu kapan dana tersebut akan cair.

Cara CeK PIP Kemdikbud 2024 yang Siap Cair 

Pencairan dana PIP Kemdikbud dilakukan secara bertahap dan dibagi ke dalam beberapa termin. Untuk termin ketiga, pencairan berlangsung pada bulan September, Oktober, November, dan Desember 2024.

Siswa yang telah terdaftar sebagai penerima PIP sebaiknya secara rutin memeriksa status mereka, karena waktu pencairan dana dapat bervariasi untuk setiap penerima, bergantung pada proses verifikasi data.

BACA JUGA: Kemenag dan Otorita Ibu Kota Negara Siapkan Pembangunan Madrasah Terpadu di IKN

BACA JUGA: Presiden Jokowi Ajak Para Atlet Bertanding dalam Suasana Persaudaraan dan Semangat Sportivitas

PIP ditujukan untuk siswa dari keluarga kurang mampu yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Selain itu, siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara otomatis menjadi penerima bantuan PIP. Program ini bertujuan untuk membantu meringankan biaya pendidikan, sehingga siswa dapat melanjutkan sekolah tanpa terkendala masalah finansial.

Untuk mengecek status atau daftar penerima dana PIP, kamu bisa melakukannya secara online melalui situs pip.kemdikbud.go.id.

Agar siswa dapat lebih mudah, Kemdikbud telah menyediakan layanan untuk memeriksa status penerima PIP secara online di situs pip.kemdikbud.go.id. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memeriksa status penerimaan PIP:

-Kunjungi situs pip.kemdikbud.go.id.
-Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta tanggal lahir.
-Tekan tombol “Cek Penerima PIP”.
-Status penerimaan akan muncul di layar, menunjukkan apakah siswa berhak menerima PIP atau tidak.

Jumlah bantuan PIP Kemdikbud 2024 untuk jenjang SD/SDLB/Paket A, bantuan yang diberikan adalah Rp225.000 untuk kelas 6 dan Rp450.000 untuk kelas 1-5.

Sedangkan untuk SMP/SMPLB/Paket B, jumlah bantuannya adalah Rp375.000 untuk kelas 9 dan Rp750.000 untuk kelas 7-8.

Untuk jenjang SMA/SMK/SMALB/Paket C, bantuan yang tersedia adalah Rp900.000 untuk kelas 12 dan Rp1.800.000 untuk kelas 10-11.

(ipa)

 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua