Nasional

Serba Serbi Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, Tolak Pakai Mobil Mewah

Serba Serbi Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, Tolak Pakai Mobil Mewah
Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus (Foto: AFP)

PASUNDAN EKSPRES - Pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 dalam rangka kunjungan apostolik di Asia dan Pasifik.

Diketahui, Indonesia menjadi negara pertama yang akan dikunjungi Paus yang dimulai pada 3-6 September.

Kemudian, Paus melanjutkan perjalanannya ke Papua Nugini dan Vanimo pada 6-9 September, lalu Timor Leste pada 9-11 September dan terakhir Singapura pada 11-13 September 2024.

BACA JUGA:Jelang Kedatangan Paus Fransiskus, Indonesia Jadi Model Keberagaman dan Toleransi Dunia

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia tentunya menjadi momen bersejarah yang penuh makna.

Kepala negara Vatikan itu telah lama merencanakan akan mengunjungi Indonesia pada tahun 2020 namun ditunda akibat pandemi Covid-19.

Selama berada di Indonesia, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri berbagai agenda dari tanggal 4 hingga 6 September mendatang.

Berikut serba serbi kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia yang dijadwalkan tiba di Indonesia pada hari ini (3/9).

BACA JUGA:Agenda Lengkap Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia: Misa Akbar di Hari Ketiga

1. Terbang ke Indonesia Menggunakan Pesawat Komersil
Dalam kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus terbang ke Indonesia tidak menggunakan jet pribadi melainkan memakai pesawat komersial.

Diketahui, Paus akan mendarat dengan pesawat Alitalia di Bandara Soekarno-Hatta pukul 11.30 WIB bersama dengan rombongan 48 delegasi dan 88 awak media yang di dalamnya ada 2 Kardinal dan 3 Uskup Agung.

2. Menolak Gunakan Mobil Mewah
Paus juga dikabarkan enggan menggunakan mobil mewah selama berada di Indonesia dan memilih menggunakan mobil yang sehari-hari banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Adapun mobil yang dimaksud adalah Toyota Kijang Innova Zenix yang akan digunakan Paus selama kunjungannya di Indonesia.

3. Menginap di Kedubes Vatikan
Selain menolak menggunakan jet pribadi dan mobil mewah, Paus juga tidak menginap di hotel yang telah disediakan melainkan memilih menginap di Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia.

4. Agenda Paus di Indonesia
Pemimpin umat Katolik dunia itu telah menyiapkan sejumlah agenda selama kunjungannya ke Indonesia yang dimulai pada 3 hingga 6 September.

Sehari setelah tiba di Indonesia, Paus dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Kemudian, ia juga akan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jeusit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedubes Vatikan di Jakarta.

Selain itu, ia dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, dan lain-lain di Gereja Maria Diangkat ke Surga.

Pada 5 September, Paus Fransiskus juga dikabarkan akan mengunjungi Masjid Istiqlal dan bertemu dengan sejumlah para tokoh antaragama.

Acara puncak yakni Misa Akbar akan digelar Paus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) yang bakal dihadiri oleh ribuan umat Katolik. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua