Nasional

Komentar Jokowi Soal Debat Capres Ketiga: Kurang Mengedukasi

Ketiga Capres saat bertandang ke istana presiden (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi kegiatan debat capres ketiga yang dilaksanakan pada Minggu (7/1/2024) ini tidak mengedukasi karna ada serangan terhadap personal alih-alaih sebagai subtansi visi misi dan program. 

"Yang pertama memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan. Yang kelihatan justru saling menyerang yang sebetulnya nggak apa-apa asal kebijakan, asal policy, asal visi, nggak apa-apa," katanya di Serang, Banten, Senin (8/1/2024).

"Tapi kalau sudah menyerang personal, pribadi, yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam mengenai hubungan internasional, mengenai geopolitik, mengenai pertahanan, dan lain-lain, saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton. Saya kira akan banyak yang kecewa," kata Jokowi.

"Saling serang nggak apa-apa, tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira nggak baik dan nggak mengedukasi," sambung Jokowi.

BACA JUGA:Berapa Hektar Tanah Milik Prabowo yang Jadi Topik Panas Saat Debat

Bahkan dalam debat capres yang dilakukan pada Minggu (7/1) capres nomor urut 1 Anies Baswedan selalu menyerang capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, contohnya ketika membahs mengenai etika.

Pada saat itu, prabowo mengatakan bahwa pemimpin tidak boleh menghasut dan menyesatkan rakayat dan harus beretika baik. 

Hal tersebutpun langsung disinggung oleh Anies mengenai standar etik "ini fakta, ketika bapak tetap jalan terus dengan cawapres (calon wakil presiden) yang melanggar etika. Artinya ada kompromi atas standar etika," sindiran Anis ketika membalas Prabowo.  

Berita Terkait