Nasional

Musim Kepulangan Haji mulai Merambat, Cek Jadwal untuk Gelombang Dua di Sini!

Musim Kepulangan Haji mulai Merambat, Cek Jadwal untuk Gelombang Dua di Sini!
Musim Kepulangan Haji mulai Merambat, Cek Jadwal untuk Gelombang Dua di Sini! (Image From: Illustration/Pexels/Sohail Siddiqui)

PASUNDAN EKSPRES - Saat ini musim kepulangan haji mulai mewarnai di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Haji adalah ibadah umat Islam yang diwajibkan untuk dilaksanakan setidaknya sekali seumur hidup bagi setiap muslim dewasa yang mampu secara fisik dan finansial.

Ibadah ini berupa ziarah tahunan ke Mekah, kota suci dalam agama Islam. Kewajiban ini berlaku bagi seluruh umat Islam yang telah mencapai usia dewasa, dengan syarat memiliki kondisi kesehatan dan keuangan yang memadai untuk melakukan perjalanan, serta dapat menanggung biaya hidup keluarga selama mereka berziarah. 

Musim Kepulangan Haji mulai Merambat, Cek Jadwal untuk Gelombang Dua

Ibadah haji membutuhkan waktu yang cukup lama, tidak hanya hari tetapi bisa sampai berbulan-bulan jika dihitung dari awal persiapan hingga kembali ke tempat asal.

Menurut rencana perjalanan haji resmi yang dirilis oleh Kementerian Agama RI untuk tahun 1445 Hijriah / 2024 Masehi, batas maksimal waktu bagi jemaah haji untuk berada di Arab Saudi adalah 42 hari.

Mengacu pada Rencana Perjalanan Haji (RPH), masa operasional pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Indonesia berlangsung selama 30 hari total. Dari jumlah tersebut, 12 hari diperuntukkan bagi jemaah gelombang pertama, sedangkan 18 hari sisanya adalah untuk jemaah gelombang kedua.

BACA JUGA: HUT Ke-78 Bhayangkara 2024: Cek Tema Hingga dan Link Downloadnya

BACA JUGA: Ngeri! Jawa Barat menjadi Provinsi Tertinggi Judi Online sampai Rp3,8 Triliun

Setelah tiba di Tanah Suci, jemaah haji akan melaksanakan rangkaian ritual haji, mulai dari ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sa'i, tahallul, hingga mabit di Mina dan lempar jumrah.

Seluruh rangkaian ritual ini biasanya memakan waktu sekitar 4-5 hari. Selebihnya, jemaah haji dapat menghabiskan waktunya untuk beribadah sunah atau berziarah ke tempat-tempat bersejarah di Kota Mekah dan Madinah.

Umumnya, saat para jemaah haji kembali ke tanah air, mereka dipenuhi dengan perasaan bahagia. Hal ini disebabkan oleh rasa bangga yang mereka rasakan karena telah menunaikan ibadah haji dengan baik.

Proses kepulangan jemaah haji Indonesia berlangsung mulai tanggal 22 Juni hingga tanggal 22 Juli 2024. Untuk membuat momentum kepulangan ini terasa lebih meriah, di beberapa wilayah di Indonesia, perayaan kepulangan jemaah haji biasanya diwarnai dengan berbagai acara dan aktivitas.

Jemaah haji Indonesia gelombang pertama telah dipulangkan kembali ke Tanah Air secara bertahap mulai tanggal 22 Juni 2024.

Pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang 1 dari Kota Mekah dilakukan melalui Bandara Internasional Raja Abdulaziz (KAAIA) di Jeddah pada rentang waktu 22 Juni hingga 3 Juli 2024.

Tanggal 22 Juni 2024 merupakan awal kedatangan jemaah haji gelombang 1 di Indonesia. Sementara itu, pemberangkatan jemaah haji gelombang 2 dari Mekah menuju Madinah akan dilaksanakan pada periode 26 Juni hingga 13 Juli 2024.

Pemulangan jemaah haji gelombang 2 dari Madinah ke Indonesia akan berlangsung pada rentang waktu 4 Juli hingga 21 Juli 2024. Tanggal 22 Juli 2024 merupakan akhir dari kedatangan jemaah haji gelombang 2 di Indonesia.

(ipa)

Berita Terkait