Nasional

Mahfud MD Resmi Mundur Dari Kabinet Jokowi, Bagaimana Dengan Prabowo?

Mahfud MD Resmi Mundur - Hal tersebut dinyatakannya langsung ketika berkampanye di Lampung, Rabu 31 Januari 2024. (Dok Detik.com)

PASUNDAN EKSPRES - Mahfud MD Resmi Mundur - Hal tersebut dinyatakannya langsung ketika berkampanye di Lampung, Rabu 31 Januari 2024. 

Mahfud MD resmi mundur Dari Kabinet Indonesia Maju II Jokowi-Maruf sebagai Mentri Koordinator Bidang Politik Hukam (Menko Polhukam). 

Mahfud MD akan menyerahkan surat pengunduran dirinya Hari ini, Kamis, 1 Februari 2024. Ia menegaskan tidak mau ada konflik politik dalam pencalonannya kali ini sebagai Cawapres Nomor urut 3. 

Pada saat menyatakan akan mundur, Mahfud juga telah memegang surat pengunduran dirinya. Selain itu ia juga telah mengemasi barang-barangnya dari Rumah Dinas. 

"Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk disampikan ke Presiden mengenai masa depan politik saja," ucapa Mahfud dikutip dari CNN Indonesia Kamis, 1 Februari 2024. 

BACA JUGA:Begini Respons Jokowi Usai Mahfud MD Mundur dari Menkopolhukam

BACA JUGA:Moment Akrab Jokowi Prabowo Saat Makan Bakso Pak Sholeh di Magelang, Cek!

Pernyataan Mundurnya tersebut didampingi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Ganjar-Mahfud Yenny Wahid. 

Mahfud MD telah resmi Mundur dari Kabinet Jokowi-Maruf, Bagaimana Dengan Prabowo yang masih menjabat sebagai Mentri Pertahanan (Menhan).

Mundurnya Mahfud dari kabinet Jokowi tersebut karna ingin mengkritik yang seharusnya dikritik. ia juga ingin lebih bebas berbicara pemerintahan. 

Namun, secara hukum ada beberapa informasi yang tetap harus dibatasi, dalam pasal 17 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Selain itu, ada kerahasiaan jabatan. Ada koridor hukum dan kepatutan yang tetap harus dijaga menski Mahfud telah mundur dari kabinet.  

Tanggapan Prabowo mengenai Mundurnya Mahfud MD dari Kabinet 

BACA JUGA:Komentar TKN dan Gibran Mengenai Gerakan 'Salam Empat Jari'

BACA JUGA:Apa Itu Salam Empat Jari? Cek Fakta dan Penjelasannya Disini!

Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto memberikan komentar mengenai mundurnya Mahfud MD dari Menko Polhukam. 

"Itu Hak Politik," ucap Prabowo 

Sampai saat ini Prabowo Masih menjabat sebagai Mentri Pertahanan dari kabinet Jokowi-Maruf. 

Prabowo juga enggan memberikan komentar lain mengenai mundurnya Mahfud MD. 

Selain itu Gibran Rakabuming Raka juga tidak akan mundur sebagai Wali Kota Surakarta. 

Mengacu kepada Peraturan Undang-Undang para capres-cawapres yang masih mempunyai jabatan publik tidak diwajibkan untuk mengundurkan diri. 

Berita Terkait