Nasional

LAGI! Gibran Langgar Aturan Saat Debat Cawapres Keempat

Lagi, Lagi dan Lagi. Gibran langgar aturan saat debat cawapres tadi malam. Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kembali melanggara aturan saat debat berlangsung. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Lagi, Lagi dan Lagi. Gibran langgar aturan saat debat cawapres tadi malam. Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kembali melanggara aturan saat debat berlangsung. 

Pelanggaran tersebut dilakukan ketika debat cawapres keempat berlansung, dalam aturan debat seorang cawapres tidak boleh meninggalkan podium saat berbicara. 

Namun, hal tersebut malah dilanggar oleh Gibrab Rakabuming Raka saat memaparkan visi-misinya. Hal tersebut juga dilakukan oleh Gibran saat debat cawapres pertama yang digelar pada 22 Desember 2023. 

Akibat kejadian tersebut, KPU dan tim capres-cawapres sepakat untuk menggunakan mikrofon yang terpasang di podium agar calon tidak meninggalkan podium. 

"Pada saat rapat tadi tadi disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Dia (podium) posisinya memang seperti jangkar. Kalau yang debat pertama kan tanpa podium, asumsinya orang punya ruang gerak, lebih leluasa. Kalau podium kan dibatasinya di podium," ucap anggota KPU RI August Mellaz

BACA JUGA:Kepolisian Turunkan Ribuan Personel Gabungan Untuk Amankan Debat Cawapres di JCC

Pada 7 Januari lalu, ketentuan tersebut telah ditetapkan. 

Hasil rapat koordinasi jelang debat keempat, KPU menegaskan bahwa secara teknis, tak ada hal yang diubah dari debat ketiga. 

Gibran bukan baru kali ini saja melanggar ketentuan debat. Pada debat pertama, Gibran melakukan reaksi berlebihan dengan memprovokasi pendukung ketika debat menyinggung soal pelanggaran etika dalam putusan Mahkamah Konstitusi yang menguntungkan dirinya maju sebagai cawapres pendamping Prabowo.

Sudah ditegur dalam debat kedua, namun gibran kembali menunjukan gestur untuk memprofokasi para pendukungnya. 

Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD beradu gagasan mengenai 6 subtema dalam debat, yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat keempat ini atau debat kedua cawapres dimoderatori oleh Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari metro TV. 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua